ZONAUTARA.com – Gubernur Olly Dondokambey Sulawesi Utara (Sulut) akhirnya kehabisan daya dan tak mampu lagi redam langkah Elly Engelbert Lasut yang kini melenggang mulus ke kursi Bupati Kepulauan Talaud. Ibarat permainan Mobile Legend, Elly Engelbert Lasut memenangkan pertandingan dengan kemenangan epic come back.

Gubernur Olly yang selama ini ngotot tidak mau melantik pasangan Elly Engelbert Lasut – Moktar Arunde Parapaga sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kepulauan Talaud, tak bisa berbuat banyak menyusul pelantikan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (26/02/2020). Pelantikan dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C, Kementerian dalam Negeri, Jakarta.

“Ini bukti Olly bisa dikalahkan. Ini juga bukti bahwa demokrasi Indonesia masih bisa berjalan dengan semestinya,” kata Donny Lasut, orang dekat Elly Engelbert Lasut.

Menurutnya, pelantikan Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud tak semata kemenangan demokrasi rakyat Talaud tapi kemenangan demokrasi Indonesia. Pernyataan Komisi Pemillihan Umum sebagai penyelenggara kontestasi Pilkada yang menyatakan bahwa Elly memenuhi syarat tidak bisa dibatalkan begitu saja oleh Eksekutif Provinsi Sulut.

“Pelantikan hari ini sebagai awal ditabuhnya genderang perang Elly Engelbert Lasut dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Sulut. Meminjam petikan puisi Widji Tukul yang mengatakan bahwa tirani akan tumbang,” ujar Donny.

Besok, lanjutnya, Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga yang telah dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud direncanakan akan disambut ribuan pendukung di bandara Sam Ratulangi Manado. Sebagai Ketua Umum organisasi adat Minahasa Tou Indonesia, Donny juga akan mengerahkan tarian Kabasaran sebagai bagian welcoming ceremony.

“Elly Engelbert Lasut tidak saja datang sebagai Bupati Kepulauan Talaud yang sah namun juga sebagai kandidat Gubernur Sulut yang kuat,” tegasnya.

Sehari sebelum pelantikan, beredar undangan pelantikan dalam bentuk radiogram Kemendagri bernomor 131.71/1800/SJ tertanggal 25 Februari 2020 yang ditandatangani Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo itu. Hal tersebut menghebohkan jagad dunia maya.