Connect with us

Ekonomi dan Bisnis

Sebentar lagi ponsel ilegal akan diblokir

Kementerian Kominfo akan mengumumkan minggu depan soal mekanisme pemblokiran.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com
Ilustrasi smartphone (Foto: Pexels.com/Jetshoots)

ZONAUTARA.COM – Bagi anda yang terlanjur membeli ponsel black market (BM) atau ilegal, bersiap-siap handphone anda tidak bisa digunakan untuk melakukan komunikasi.

Pemerintah sejauh ini telah melakukan ujicoba pemblokiran ponsel ilegal dengan dua metode dan melibatkan dua operator.

XL Axiata mengujicoba pemblokiran dengan menggunakan mekanisme blacklist (daftar hitam), sementara Telkomsel melakukan ujicoba dengan mekanisme whitelist (daftar putih).

Mekanisme blacklist akan memblokir akses telekomunikasi pada ponsel-ponsel dengan IMEI yang masuk daftar hitam.

Sementara mekanisme whitelist akan memberikan akses telekomunikasi hanya pada ponsel dengan IMEI terdaftar di basis data IMEI, SIBINA. Ponsel yang ada di luar daftar putih itu akan langsung terblokir.

Kedua metode ini tengah diuji untuk menentukan bagaimana mekanisme pemblokiran ponsel ilegal akan dilakukan. Aturan International Mobile Equipment Indonesia (IMEI) sendiri rencana berlaku pada 18 April 2020.

Sementara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan, akan mengumumkan sistem mana yang akan dipakai untuk memblokir ponsel ilegal.

Keputusan itu akan disampaikan pada pekan depan.

“Kalau IMEI, minggu ini kita akan putuskan bersama-sama dengan para pimpinan operator seluler, apa kita pakai sistem blacklist atau whitelist,” kata Menteri Kominfo, Johnny G. Plate di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (26/2) kemarin.

Johnny tak membeberkan secara gamblang hasil uji coba IMEI yang dilakukan oleh dua operator yaitu XL Axiata dan Telkomsel beberapa waktu lalu.

Menyoal pengadaan alat pemblokiran IMEI, Kemenkominfo menyebut para operator seluler mampu menggelontorkan dana untuk pengadaan alat IMEI tersebut.

“Tidak ada masalah, operator seluler mampu mengadakan, semuanya terpusat di Kementerian Perindustrian. Sistemnya sudah ada di sana, pemerintah sudah siapkan,” tutur Johnny.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ekonomi dan Bisnis

Presiden gratiskan listrik selama 3 bulan untuk rakyat miskin

Penangguhan pembayaran untuk pelanggan 450 VA.

Bagikan !

Published

on

Presiden Joko Widodo memberikan keringanan tarif listrik kepada sebagian masyarakat untuk menekan dampak ekonomi dari pandemi virus corona. (Dok. Biro Sekretariat Presiden/Muchlis)

ZONAUTARA.COM – Presiden Joko Widodo baru saja mengambil langkah pemberian stimulus ekonomi bagi masyarakat miskin sebagai upaya mengatasi dampak wabah virus corona.

Salah satu stimulus yang diambil Jokowi adalah mengratiskan atau menangguhkan pembayaran listrik bagi 24 juta masyarakat miskin.

Penangguhan pembayaran tagihan listrik itu berlaku selama tiga bulan untuk tagihan April, Mei dan Juni 2020. Adapun pelanggan listrik yang terkena kebijakan tersebut adalah pelanggan dengan daya listrik terpasang 450 VA.

Selain pelanggan dengan daya terpasang 450 VA, pelanggan dengan daya 900 VA juga mendapat subsidi dengan pemberian diskon 50 persen.

“Sedangkan untuk pelanggan 900 VA yang jumlahnya 7 juta pelanggan akan didiskon 50 persen. Artinya hanya bayar separo untuk April Mei dan Juni 2020” ujar Jokowi, Selasa (31/3).

Stimulus ekonomi lainnya yang diambil oleh Pemerintah untuk meredam dampak covid-19 adalah penambahan penerima PKH dari 9,2 juta menjadi 10 juta keluarga.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Beri Donasi
Continue Reading

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com