bar-merah

Apa itu Xenofobia?

zonautara.com
No Hate.(Image: pixabay.com)

ZONAUTARA.com – Xenophobia atau dalam bahasa Indonesia disebut Xenofobia adalah ketidaksukaan atau ketakutan terhadap orang-orang dari negara lain atau mereka yang dianggap asing.

Secara etimologi, kata itu berasal dari bahasa Yunani, yaitu xenos yang berarti orang asing dan phobos yang berarti takut.

Xenofobia dalam makna yang lebih luas adalah ketakutan akan segala sesuatu yang berbeda dari kita. Perbedaan mencakup banyak hal, seperti negara atau ideologi yang berbeda.

Penderita xenofobia mengekspresikan kebencian dan ketakutan. Ketakutan ini telah ada sejak jaman dahulu dan dampaknya terus terasa sampai sekarang.

Dalam kehidupan sehari-hari orang mungkin keliru menggunakan kata xenofobia dan rasisme padahal kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda.

Rasisme cenderung diterjemahkan sebagai kebencian terhadap orang-orang dari berbagai ras atau identitas asing. Rasa tidak nyaman berada di kelompok orang yang berbeda, warna kulit, ras, cara berpakaian merupakan gejala xenofobia.

Keinginan untuk menghindari tempat-tempat di mana ada banyak orang berbeda juga adalah gejala xenofobia. Gejala-gejala ini termasuk menghindari pertemanan dengan berbagai orang yang tidak bisa ditolong.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com