Connect with us

PENDIDIKAN

UN 2020 SD, SMP dan SMA sepakat ditiadakan

Disiapkan berbagai opsi untuk menentukan metode kelulusan siswa salah satunya dengan nilai kumulatif dalam raport.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com -Ujian Nasional untuk jenjang UN 2020 SD, SMP dan SMA sepakat ditiadakan. Hal tersebut disepakati dalam rapat bersama melalui video conference antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Komisi X DPR RI, Senin (23/3/2020) malam.

Rapat tersebut membahas berbagai persoalan pendidikan di ujung masa akhir tahun pelajaran di tengah ancaman pandemi Corona (Covid-19). Hasil kesepakatan rapat video conference ini adalah Kemendikbud dan Komisi X DPR di antaranya meniadakan UN 2020, mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda kemudian mengungkapkan hal ini melalui akun Twitter-nya @SyaifulHooda.

zonautara.com
Kicauan Syaiful Huda di akun Tweter-nya.(Image: screen captured)

Dalam siaran pers, Syaiful mengatakan bahwa saat ini tengah dikaji berbagai opsi ujian bagi siswa sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kelulusan siswa, termasuk menggunakan nilai raport.

“Dari rapat konsultasi via daring (dalam jaringan atau online) antara anggota Komisi X dan Mendikbud Nadiem Makarim maka disiapkan berbagai opsi untuk menentukan metode kelulusan siswa salah satunya dengan nilai kumulatif dalam raport,” kata Syaiful.

Ketua Komisi X DPR RI memang mendesak pemerintah untuk menghapus pelaksanaan UN di tahun 2020 ini. Langkah ini dimaksudkan untuk melindungi peserta didik akibat penyebaran Virus Corona yang kian masif.

“Kami mendesak agar pemerintah menghapus pelaksanaan UN tahun ini karena wabah Corona yang kian meluas. Ada ratusan ribu hingga jutaan siswa yang terancam terpapar virus ini jika kita memaksakan agar pelaksanaan UN tetap dilakukan,” kata Ketua Komisi X DPR RI.

Bagikan !

PENDIDIKAN

Terapkan kuliah online, mahasiswa Unsrat tak perlu datang kampus

Diberlakukan sampai dengan batas waktu yang akan ditentukan kemudian dalam edaran Rektor mengenai Protokol Covid-19 Unsrat.

Bagikan !

Published

on

zonautara.com

ZONAUTARA.com – Mendahului protokol yang akan dikeluarkan dalam menyikapi pandemi Covid-19 (virus Corona), pihak Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) turut mengeluarkan instruksi bahwa mulai Senin (16/03/2020), kegiatan akademik dari semua mahasiswa D3, S1, S2, S3, Profesi Insinyur, dan Akuntansi akan diganti dengan perkuliahan jarak jauh atau online.

Kegiatan perkuliahan jarak jauh atau online ini diberlakukan sampai dengan batas waktu yang akan ditentukan kemudian dalam edaran Rektor mengenai Protokol Covid-19 Unsrat. Mahasiswa tidak perlu datang ke kampus dan semua program studi akan melakukan koordinasi dengan seluruh mahasiswa untuk teknis pelaksanaannya.

Sehubungan dengan beberapa mata kuliah yang belum di-upload online, masing-masing program studi akan mengkoordinasikan dengan dosen Penanggung Jawab Mata Kuliah bentuk pembelajaran yang dapat berupa penugasan mandiri, tugas kepustakaan dan lain-lain.

“Pogram studi diharapkan agar mempertimbangkan presensi kehadiran mahasiswa yang melakukan kegiatan pembelajaran dalam bentuk perkuliahan jarak jauh atau online,” bunyi instruksi yang dibagikan kepada semua Dekan dan Direktur Pascasarjana dalam lingkup Unsrat.

Untuk mahasiswa profesi dokter umum, dokter gigi, ners akan dikoordinasikan dengan Fakultas Kedokteran.

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com