bar-merah

Ini beberapa hoax terkait virus corona dan cari tahu faktanya

ZONAUTARA.COM – Seiring dengan mewabahnya virus corona di dunia, serta semakin mengalirnya informasi tentang pandemi ini, meningkat pula pabrikasi hoax yang disebar orang-orang tak bertanggungjawab.

Bagi pengguna media sosial, dianjurkan untuk tidak segera menyebar semua informasi yang diterima. Lakukan tindakan bijak dengan mengecek apakah informasi yang didapat itu benar atau hoax.

Organisasi Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) secara rutin melakukan penelusuran cek fakta terhadap hoax yang beredar di masyarakat.

MAFINDO memiliki situs TurnBackHoax.ID yang secara rutin mempublish hasil cek fakta mereka. Organisasi ini juga mengelola group di Facebook yang diberi nama Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH).

Berikut beberapa hoax yang sudah dilakukan penelusuran cek faktanya.


[SALAH]: Tenaga Medis China Didatangkan untuk membantu menangani Covid-19 di Indonesia

Ini bukan tenaga medis dari China. orang-orang yang memakai APD lengkap itu adalah warga Tiongkok yang ingin berangkat ke China menggunakan maskapai Kamboja yang disewa, lantaran penerbangan dari dan ke tanah daratan China masih ditutup.

Selengkapnya baca disini: https://bit.ly/3bvkw4E


[SALAH] Kanika Kapoor tularkan virus corona ke Pangeran Charles

Gambar ini sudah ada sejak tahun 2015, tidak ada kaitan sama sekali dengan virus corona.

Selengkapnya bisa dibaca di sini: https://bit.ly/3as4ubK


[SALAH] Muncul virus baru di China bernama #Hantavirus

Bukan virus baru. Virus Hanta pertama kali ditemukan pada 1950. Virus Hanta yang menyebabkan Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS), pernah mewabah di AS pada 1993. Virus Hanta adalah virus yang menyebar terutama dari tikus dan dapat menyebabkan beragam sindrom penyakit. Manusia bisa tertular jika terpapar urin, kotoran, atau air liur dari tikus.

Selengkapnya baca di sini: https://bit.ly/2WNacRm


[SALAH] Foto ratusan peti mati di Gereja Bergamo Italia berisi jenazah korban virus corona

Tidak terkait COVID-19. Foto tahun 2013, foto peti mati imigran asal Eritrea dan Somalia korban kapal tenggelam di lepas pantai Italia Selatan pada 3 Oktober 2013.

Selengkapnya baca di sini: https://bit.ly/2WOKmMX


Kami akan terus mengupdate hasil penelusuran cek fakta dari hoax yang beredar.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com