bar-merah

“Social distancing”, picu kenaikan pengguna gim online sebesar 75 persen

ZONAUTARA.COM – Ratusan juta orang kini berada di rumah selama pandemi covid-19 berlangsung. Berbagai negara menganjurkan social distancing atau menjaga jarak dalam interaksi sosial, sebagai upaya memutus mata rantai penularan virus corona.

Kini sudah ada 180 negara yang melaporkan kasus penularan wabah virus corona. Jumlah orang yang terinfeksi pun semakin meningkat dari hari ke hari.

Tinggal dan beraktivitas di rumah adalah pilihan yang tepat, sembari menunggu wabah virus corona mereda.

Selama berada di rumah, berbagai aktivitas dapat dilakukan, semisal menonton acara televisi favorit, menonton film, membaca atau bermain gim online.

Baca pula: Update virus corona 1 April 2020

Perusahaan Verizon menyatakan persentase pengguna gim online selama pandemi virus corona yang menyebabkan Covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan. Verizon mencatat pengguna video game meningkat 75 persen selama jam sibuk.

Peningkatan terjadi karena banyak orang memilih bermain game untuk mengisi waktu luangnya selama di rumah.

Melansir Tech Crunch, plat distribusi game Steam mencatat rekor pengguna game dengan lebih dari 20 juta pengguna pada 16 Maret 2020. Jumlah tersebut tanpa dukungan rilis game baru yang pada umumnya mendorong kenaikan pengguna. 

Sedangkan platform obrolan gaming Discord mengaku servernya sempat turun meski perusahaan meningkatkan kapasitas server lebih dari 20 persen untuk menangani penggunaan yang meningkat pada pekan lalu.

Manajer hedge fund Skycatcher, Siamc Kamalie mengatakan waktu rata-rata yang dihabiskan setiap pengguna pada gim mobile tumbuh 41 persen selama Tahun Baru Cina tahun 2020 jika dibandingkan dengan 2019.

“Dan naik 18 persen dibandingkan satu minggu sebelum Tahun Baru China pada tahun 2020,” ujar Kamalie.

Video gim sejauh ini mendapat manfaat terbesar, menurut laporan Verizon. Lalu lintas web hanya mengalami peningkatan 20 persen dalam jangka waktu yang sama.  Sementara itu, streaming video naik 12 persen dan lalu lintas media sosial tetap datar. 

Ini menunjukkan bahwa orang beralih ke permainan video lebih dari bentuk hiburan rumah lainnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com