Sulut tetap eksis saat pandemi covid-19, 12 ribu ton komiditas pertanian diekspor

Ronny Adolof Buol
Penulis Ronny Adolof Buol
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meninjau gudang sortir komoditas pertanian di Manado. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)



MANADO, ZONAUTARA.COM – Sektor pertanian sulawesi Utara terutama rempah dan produk kelapa tetap eksis di tengah pandemi covid-19 saat ini. Buktinya, pada Selasa (21/4/2020), Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor 12.192 ton komoditas pertanian dari Sulut.

Ada sebanyak 11 negara yang menjadi tujuan ekspor komoditas pertanian, dengan nilai Rp 124,7 miliar ini, yakni ke Belanda, Vietnam, Cina, Italy, Czech Republic, Egypt, Jerman, Latvia,Rusia, New Zealand dan United States (US).

Komoditas pertanian yang diekspor tersebut berupa rempah pala biji, bunga pala, kelapa serabut, minyak sawit, kelapa parut.

“Saya sampaikan rasa haru dan bangga karena di saat pandemi covid 19 seperti ini, kita buktikan bahwa pertanian itu tidak boleh berhenti, sekaligus kita tidak boleh kehilangan kesempatan untuk siapkan pangan,” kata Syahrul saat melepas ekspor secara simbolis di rumah kemasan CV Indospice, salah satu eksportir di Kota Manado.

Syahrul juga memberikan apresiasi kepada para petani dan pelaku usaha agribisnis di Sulut yang tetap aktif mengekspor rempah-rempah Indonesia seperti pala yang memiliki permintaan sangat tinggi dari negara-negara lain, khususnya di tengah masa pandemi Covid-19.

Komoditas pala asal Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulut memang dikenal sebagai pala terbaik dunia sehingga permintaan dari negara luar sangat tinggi.

“Hari ini saya melepas ekspor ke Belanda, ke negara di Eropa. Saya dapat informasi tadi yang terlock hanya yang ke India dan ke Italia, itupun tetap diekspor. Bulan lalu katanya masih tetap ekspor, hanya sampai di pelabuhan sana belum bisa bongkar. Tetapi ke Amerika dan lainnya tetap bisa jalan. Oleh karena itu, kami tetap mendorong ekspor itu,” ujarnya.

Syahrul menegaskan ekspor komoditas pertanian disaat pandemi Covid 19 (virus corona) harus bisa lebih berjaya dibandingkan sebelum covid. Ekspor menunjukkan bahwa komoditas pertanian tidak mengenal pantangan apapun dan harus tetap tersedia sebab seluruh dunia tetap membutuhkan makan, di antaranya komoditas rempah seperti pala, cengkeh dan lainnya.

“Artinya negara dan rakyat mengharapkan kita tidak boleh diam. Yang paling penting jaga kesehatan semua. Tidak boleh ada yang merasa lebih kuat, karena seluruh dunia berhadapan dengan hal itu. Tetapi di saat seperti ini, kita masih bisa ekspor pangan. Nah ini menjadi penting,” ujar Syahrul.

Syahrul meminta produsen hulu dan eksportir untuk terus meningkatkan kerjasama agar dapat mendorong hasil produksi. Sektor perkebunan saat ini menjadi andalan ekspor pertanian sehingga terus diperluas cakupan ekspornya, diantaranya melalui pembangunan kawasan pertanian berbasis keunggulan komparatif, budaya dan berorientasi ekspor.

zonautara.com
Para pekerja sedang menyortir biji pala di salah satu gudang eksportir di Manado. (Foto: Zonautara.com/Ronny A./ Buo)

“Dalam mendorong ekspor, Kementerian Pertanian juga melakukan terobosan yakni mulai dari pemanfaatan teknologi di hilir, efisiensi biaya produksi dan daya saing melalui modernisasi. Selain itu diplomasi untuk menembus ragam dan pasar baru serta penguatan sistem perkarantinaan yang didorong ke arah digitalisasi,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil mengatakan ekspor asal sub sektor perkebunan masih menjadi andalan. Di tengah kondisi ekonomi yang lamban, sektor ini diharapkan mampu mendongkrak devisa dari kinerja ekspornya.

Melansir data Balai Karantina Pertanian Kelas I Manado, ekspor komoditas pertanian ke 384 negara tujuan untuk periode bulan Januari hingga Maret nilainya Rp.511,12 miliar.

“Artinya terjadi peningkatan nilai ekspor asal Sulawesi Utara sebesar 176% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya khususnya peningkatan nilai komoditas perkebunan,” sebutnya.

Untuk informasi, besarnya ekspor komoditas pertanian yang dilepas ke 11 negara ini meliputi Pala Biji sejumlah 46,25 ton senilai Rp 5,17 miliar, Bunga Pala 20 ton senilai Rp 6,9 miliar, Kelapa Serabut 59,51 ton senilai Rp.167,5 juta, Minyak Sawit 11.763 ton senilai Rp.105,054 miliar dan Kelapa parut 289,9 ton senilai Rp 7,5 miliar.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Follow:
Pemulung informasi dan penyuka fotografi
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com