bar-merah

Sekitar 200 sampel sementara diperiksa di Lab PCR Covid-19 di Sulut

MANADO, ZONAUTARA.COM – Juru Bicara Satgas Covid-19 Sulawesi Utara, Steaven Dandel menjelaskan progres Laboratorium tes PCR Covid-19 yang ada di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Manado, saat Jumpa Pers, Selasa (5/5/2020).

Menurut Dandel, saat ini sudah sekitar 200 sampel yang diambil dari swab test sudah dikirim ke laboratorium yang ada di Mapanget tersebut.

“Kami berharap mulai malam ini, hasil dari pemeriksaan laboratorium tersebut sudah mulai dikirim balik ke kami di Gugus Tugas Covid-19 Sulut,” kata Dandel.

Laboratorium yang mampu memeriksa sekitar 90 tes PCR sekali running dalam kurung waktu sekitar 12 jam itu telah beroperasi sejak Senin (4/5).

“Ada kendala sedikit dalam distribusi listrik di lingkungan laboratorium tetapi sudah bisa teratasi,” ujar Dandel.

Dandel berharap dengan pemeriksaan swab test yang berkesinambungan, pemetaan epidemiologi covid-19 di Sulut dapat dengan segera diketahui.

Selama ini sampel dari swab test yang diambil dikirim ke laboratorium di Makassar dan Jakarta. Namun sejak penerbangan ke Makassar terhenti, pengiriman sampel kembali dikirim ke Jakarta.

“Namun sejak kemarin pemeriksaan sampel sudah bisa dilakukan di Sulut,” kata Dandel.

Editor: Chrsito Senduk



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com