Kabar gembira, 5 pasien positif covid-19 di Kotamobagu dinyatakan sembuh

Reporter ZonaUtara
Penulis Reporter ZonaUtara
Pelepasan pasien sembuh dari covid-19 di Kotamobagu. (Foto: Ainur Rofik)



ZONAUTARA.COM – Kabar gembira datang dari Kota Kotamobagu. Sebanyak lima orang pasien positif covid-19 yang dirawat di RSUD Pobundayan Kotamobagu sudah diijinkan pulang, Sabtu (9/5/2020).

Kelima orang ini merupakan bagian dari enam pasien positif yang diumumkan pada 23 April dan 24 April 2020 lalu.

“Alhamdulillah, lima dari enam pasien yang dilakukan swab sebanyak tiga dan empat kali, di dua tes terakhir, kelima pasien menunjukan hasil yang negatif,” kata Direktur Umum RSUD Kota Kotamobagu, dr Eka Budiyanti.

Menurut Eka, satu pasien lagi masih harus menunggu hasil swab test berikutnya, karena yang bersangkutan hasil swab test terakhir adalah negatif.

Pasien positif corona yang sedang menjalani perawatan, akan dinyatakan sembuh jika dalam hasil pemeriksaan laboratorium terhadap sapuan lendirnya dua kali berturut-turut negatif virus corona.

Kelima pasien tersebut sudah dipulangkan ke rumah mereka masing-masing. Pelepasan para pasien yang sembuh ini turut didampingi sejumlah kepala dinas dan pejabat pemerintahan kecamatan dan kelurahan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu, dr Tanty Korompot, menyampaikan meski kelima pasien sudah dinyatakan sembuh namun masih dalam pemantauan.

“Jadi mereka masih harus melakukan isolasi selama dua minggu dengan pemantau pihak rumah sakit, dan harus tetap melaksanakan imbauan pemerintah seperti menggunakan masker dan melakukan physical distancing. Jadi sekarang pasien covid-19 yang masih dirawat ada dua,” ujar Korompot.

Sebagaimana yang diberitakan sebelum ini, di Kotamobagu total akumulatif ada tujuh pasien positif covid-19. Lima pasien diumumkan pada tanggal 23 April, satu pasien diumumkan pada 24 April, dan satu lagi diumumkan pada Jumat (8/5) kemarin.

Ketujuh kasus positif di Kotamobagu terkait klaster Gowa, baik yang menghadiri kegiatan keagamaan itu, maupun yang kontak erat resiko tinggi dari mereka yang kembali dari Gowa.

Total kasus positif klaster Gowa di Sulut ada sebanyak delapan orang. Satunya lagi sementara dirawat di RSUD Liun Kendage, Sangihe.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
2 Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com