Connect with us

ZONAPEDIA

Cemas berlebihan bisa memicu sakit maag, simak cara mengatasinya

Apabila kondisi ini terjadi terus-menerus, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan dan lama kelamaan menjadi lemah.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.com – Perasaan cemas merupakan hal yang wajar apabila seseorang merasa khawatir terhadap sesuatu. Rasa cemas seringkali muncul ketika orang mengalami stres atau tekanan. Hampir setiap orang pernah mengalami hal tersebut.

Raca cemas yang normal biasanya akan mereda sendiri jika pemicu kecemasannya hilang. Misalnya seseorang akan merasa cemas ketika dia akan tampil dalam lomba menyanyi, tapi setelah tampil rasa cemasnya hilang dan kembali merasa tenang.

Namun, jika Anda merasakan kecemasan berlebihan tanpa sebab yang jelas, mungkin saja Anda mengalami gangguan kecemasan. Dan mempunyai rasa cemas yang berlebihan atau disebut dengan anxiety disorder, yang bisa memicu naiknya asam lambung yang bikin sakit maag kambuh.

Selain mempengaruhi kesehatan mental, cemas berlebihan dapat memicu masalah pencernaan. Begitupun sebaliknya, sakit maag kronis juga dapat membuat Anda mengalami kecemasan yang berlebihan. Lantas, bagaimana hubungan antara keduanya? Berikut penjelasannya.

Salah satu gejala paling umum dari maag adalah perut mulas akibat asam lambung naik ke kerongkongan (heartburn). Kenaikan asam lambung bisa berubah menjadi kronis jika terus berlanjut 2-3 kali setiap minggu. Kondisi ini disebut GERD.

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah.

Normalnya, katup ini akan terbuka untuk memungkinkan makanan serta minuman masuk menuju lambung dan dicerna. Setelah makanan atau minuman masuk ke lambung, katup ini akan tertutup kencang guna mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan.

Namun pada penderita GERD, katup ini melemah, sehingga tidak dapat menutup dengan baik. Hal ini mengakibatkan isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan.

Apabila kondisi ini terjadi terus-menerus, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan dan lama kelamaan menjadi lemah.

Dan jika Anda sering merasa cemas yang berlebihan, Anda akan lebih beresiko dua sampai empat kali terkena GERD. Gejala umum asam lambung disertai dengan rasa cemas meliputi:

  • Sakit di bagian dada
  • Sulit menelan
  • Suara serak, terutama saat bangun tidur
  • Batuk kering
  • Nyeri tenggorokan ringan
  • Mual dan muntah
  • Bau mulut

Saat Anda cemas, lambung akan memproduksi asam lambung tiga kali lebih banyak daripada saat kondisi normal.

Kecemasan juga dapat menurunkan produksi prostaglandin (senyawa yang menyerupai hormon yang ada hampir di seluruh bagian tubuh manusia) yang berfungsi melindungi lambung dari cairan asam lambung. Akibatnya Anda akan mengalami gangguan kesehatan.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa kecemasan berlebihan agar tidak memicu asam lambung naik?

Ini tips yang bisa dilakukan untuk mencegah stres agar tidak mudah merasa cemas dan menjaga keseimbangan asam lambung:

Olahraga

Olahraga dapat membantu melemaskan otot-otot yang kencang dan membantu melepaskan hormon alami agar Anda tidak stres. Lakukan juga beberapa teknik relaksasi seperti yoga.

Hindari makanan ini

Hindari mengkomsumsi makanan seperti cokelat, kafein, buah-buahan sitrus, makanan pedas, dan makanan berlemak yang memicu naiknya asam lambung.

Istirahat yang cukup

Kurang urang tidur dapat membuat Anda rentan terkena stres. Jadi, manfaatkan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya dan letakkan posisi kepala lebih tinggi saat tidur. Hal ini berguna untuk mencegah kemungkinan asam lambung naik saat tidur.

Tertawa

Tertawa adalah salah satu penghilang stres terbaik. Cobalah melakukan hal-hal yang positif yang membuat Anda merasa bahagia dan sering-seringlah bersenda gurau dengan orang lain, agar Anda terhindar dari rasa kecemasan yang berlebihan dan juga sekaligus mencegah sakit maag kambuh.

Itulah salah satu dampak yang dialami saat Anda memiliki rasa cemas yang berlebihan.

Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lagi mengenai penyakit cemas berlebihan yang memicu sakit maag, Anda bisa gunakan aplikasi Halodoc.

Anda bisa saling berkomunikasi dengan dokter atau psikolog melalui Video/Voice Call dan Chat. Anda dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Bahkan, Anda juga bisa membeli obat lewat fitur Buy Medicines dan pesananmu langsung diantar dalam waktu satu jam.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatanmu setiap hari.

Bagikan !
Advertisement
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ZONAPEDIA

Pahami ritme alami jam kerja organ tubuh, dan rasakan keajaibannya!

Tahukah anda kapan waktunya jantung melakukan pembersihan? Simak artikel ini.

Bagikan !

Published

on

Ilustrasi dari Pexels.

MANADO, ZONAUTARA.com – Kita tahu bahwa tubuh, pikiran, dan emosi kita berubah dari waktu ke waktu. Setiap organ tubuh manusia unik dan mempunyai waktunya sendiri untuk memberikan keajaiban kepada kita.

Tahukah kamu, mengapa kita cenderung mengantuk di waktu yang sama setiap harinya? Hal itu bukan semata-mata karena kebiasaan yang kita buat. Tapi ternyata, organ tubuh manusia memiliki jam kerja biologis yang dikenal sebagai ritme sirkadian.

Ritme jam kerja organ tubuh manusia bekerja mengikuti setiap aktivitas fisik maupun mental dalam siklus 24 jam yang dipengaruhi oleh sistem saraf suprachiasmatic dan kondisi cahaya di lingkungan sekitar kita.

Tanpa disadari hal telah ikut serta dalam menentukan waktu tidur, produksi hormon, suhu tubuh, dan berbagai fungsi tubuh lainnya.

Berikut ini adalah jam kerja organ tubuh sesuai jam biologisnya:

Jam 05.00-07.00: usus besar

Ini adalah waktu yang optimal bagi tubuh untuk mengeluarkan isi perutnya dan memberikan ruang bagi asupan nutrisi di hari baru. Dianjurkan untuk minum segelas jus lemon hangat untuk merangsang usus, membuat sistem getah bening bergerak dan untuk menghilangkan racun dari pembersihan malam hari.

Jam 07.00-09.00: perut

Pada jam ini perut membutuhkan energi sehingga penting untuk adanya asupan makanan bagi tubuh, agar pencernaan lebih optimal.

Makan besar di pagi hari membuat gula darah merata, suasana hati Anda akan lebih stabil, dan memberi Anda stamina untuk tidak hanya menjalani hari, tetapi untuk menikmati hari.

Sama seperti pepatah Cina kuno, “makan sarapan seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti orang miskin.”

Jam 09.00-11.00: pankreas/limpa

Perut meneruskan isinya, lalu enzim dari pankreas melanjutkan proses pencernaan dan energi karbohidrat pun tersedia. Ini juga merupakan waktu yang bisa untuk makan makanan besar.

Jam 11.00-13.00: jantung

Pada waktu ini makanan yang dimakan akan memasuki aliran darah, dan jantung memompa nutrisi ke seluruh sistem dan mengambil kebutuhan lipidnya. Ini adalah waktu yang tepat untuk Anda beraktifitas dan menyelesaikan sesuatu.

Jam 13.00-15.00: usus kecil

Selang waktu ini merupakan jam kerja organ usus kecil dalam hal memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh, terutama untuk penyaluran dan pengaturan cairan. Jadi pastikan Anda sudah makan sebelum pukul 14.00.

Jam 15.00-17.00: kandung kemih

Ini adalah jam kerja dari organ kandung kemih, di mana organ ini menerima cairan sisa dari usus kecil yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.

Jam 17.00-19.00: ginjal

Setiap waktu ini ginjal manusia dalam kondisi yang kuat. Pada ginjal terjadi proses pembentukan sumsum tulang dan sel otak. Dan jam ini merupakan jam terbaikmu untuk belajar.

Jam 19.00-23.00: selaput jantung

Kali ini adalah jam kerja selaput jantung (pericardium), di mana pada jam ini juga disarankan untuk tidak lagi mengkonsumsi makanan apapun karena pada jam ini organ lambung tidak melakukan aktifitasnya dalam mengolah makanan.

Dan ini adalah waktu yang tepat untuk istirahat agar memulihkan energi tubuh.

Jam 23.00-01.00: kandung empedu

Pada jam ini pembersihan awal semua jaringan, lalu memproses kolesterol, dan meningkatkan fungsi otak.

Jam 01.00-03.00: hati

Hati dalam kondisi kuat pada pukul ini dan terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh serta terjadinya regenerasi sel. Waktu terbaik bagi tubuh untuk memulihkan diri, jadi Anda harus tidur pada jam ini.

Jam 03.00-05.00: paru-paru

Pada waktu ini di dalam paru-paru terjadi pembersihan dan pembuangan racun atau kotoran. Jika Anda sering batuk, bersin berkeringat pada jam ini berarti paru-paru Anda sedang kotor.

Pertahankan keseimbangan ritme alami di atas dalam keseharian Anda. Dan makanlah makanan sehat dan seimbang untuk mendukung kerja organ tubuh. Dan rasakan kesehatan sebagai suatu keajaiban yang bisa Anda terima.

Editor: Ronny Adolof Buol

Bagikan !
Continue Reading
Klik untuk melihat visualisasinya

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com