bar-merah

Cemas berlebihan bisa memicu sakit maag, simak cara mengatasinya

Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.com – Perasaan cemas merupakan hal yang wajar apabila seseorang merasa khawatir terhadap sesuatu. Rasa cemas seringkali muncul ketika orang mengalami stres atau tekanan. Hampir setiap orang pernah mengalami hal tersebut.

Raca cemas yang normal biasanya akan mereda sendiri jika pemicu kecemasannya hilang. Misalnya seseorang akan merasa cemas ketika dia akan tampil dalam lomba menyanyi, tapi setelah tampil rasa cemasnya hilang dan kembali merasa tenang.

Namun, jika Anda merasakan kecemasan berlebihan tanpa sebab yang jelas, mungkin saja Anda mengalami gangguan kecemasan. Dan mempunyai rasa cemas yang berlebihan atau disebut dengan anxiety disorder, yang bisa memicu naiknya asam lambung yang bikin sakit maag kambuh.

Selain mempengaruhi kesehatan mental, cemas berlebihan dapat memicu masalah pencernaan. Begitupun sebaliknya, sakit maag kronis juga dapat membuat Anda mengalami kecemasan yang berlebihan. Lantas, bagaimana hubungan antara keduanya? Berikut penjelasannya.

Ilustrasi dari Pexels.com

Salah satu gejala paling umum dari maag adalah perut mulas akibat asam lambung naik ke kerongkongan (heartburn). Kenaikan asam lambung bisa berubah menjadi kronis jika terus berlanjut 2-3 kali setiap minggu. Kondisi ini disebut GERD.

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah.

Normalnya, katup ini akan terbuka untuk memungkinkan makanan serta minuman masuk menuju lambung dan dicerna. Setelah makanan atau minuman masuk ke lambung, katup ini akan tertutup kencang guna mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan.

Namun pada penderita GERD, katup ini melemah, sehingga tidak dapat menutup dengan baik. Hal ini mengakibatkan isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan.

Apabila kondisi ini terjadi terus-menerus, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan dan lama kelamaan menjadi lemah.

Dan jika Anda sering merasa cemas yang berlebihan, Anda akan lebih beresiko dua sampai empat kali terkena GERD. Gejala umum asam lambung disertai dengan rasa cemas meliputi:

  • Sakit di bagian dada
  • Sulit menelan
  • Suara serak, terutama saat bangun tidur
  • Batuk kering
  • Nyeri tenggorokan ringan
  • Mual dan muntah
  • Bau mulut

Saat Anda cemas, lambung akan memproduksi asam lambung tiga kali lebih banyak daripada saat kondisi normal.

Kecemasan juga dapat menurunkan produksi prostaglandin (senyawa yang menyerupai hormon yang ada hampir di seluruh bagian tubuh manusia) yang berfungsi melindungi lambung dari cairan asam lambung. Akibatnya Anda akan mengalami gangguan kesehatan.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa kecemasan berlebihan agar tidak memicu asam lambung naik?

Ini tips yang bisa dilakukan untuk mencegah stres agar tidak mudah merasa cemas dan menjaga keseimbangan asam lambung:

Olahraga

Olahraga dapat membantu melemaskan otot-otot yang kencang dan membantu melepaskan hormon alami agar Anda tidak stres. Lakukan juga beberapa teknik relaksasi seperti yoga.

Hindari makanan ini

Hindari mengkomsumsi makanan seperti cokelat, kafein, buah-buahan sitrus, makanan pedas, dan makanan berlemak yang memicu naiknya asam lambung.

Istirahat yang cukup

Kurang urang tidur dapat membuat Anda rentan terkena stres. Jadi, manfaatkan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya dan letakkan posisi kepala lebih tinggi saat tidur. Hal ini berguna untuk mencegah kemungkinan asam lambung naik saat tidur.

Tertawa

Tertawa adalah salah satu penghilang stres terbaik. Cobalah melakukan hal-hal yang positif yang membuat Anda merasa bahagia dan sering-seringlah bersenda gurau dengan orang lain, agar Anda terhindar dari rasa kecemasan yang berlebihan dan juga sekaligus mencegah sakit maag kambuh.

Itulah salah satu dampak yang dialami saat Anda memiliki rasa cemas yang berlebihan.

Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lagi mengenai penyakit cemas berlebihan yang memicu sakit maag, Anda bisa gunakan aplikasi Halodoc.

Anda bisa saling berkomunikasi dengan dokter atau psikolog melalui Video/Voice Call dan Chat. Anda dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Bahkan, Anda juga bisa membeli obat lewat fitur Buy Medicines dan pesananmu langsung diantar dalam waktu satu jam.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatanmu setiap hari.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com