bar-merah

Total 4 kasus positif Covid-19 di Bolmong, satu hasil tracking di pertokoan

BOLMONG, ZONAUTARA.com – Satgas Covid-19 Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali mengumumkan penambahan satu kasus baru.

Menurut juru bicara Satgas Covid-19 Bolmong, dr Debby Kulo, bahwa data tersebut berdasarkan release gugus tugas Provinsi Sulut, pada Selasa 9 Juni 2020 kemarin.

Pasien dengan register Kasus 520 (provinsi) berjenis kelamin laki-laki, berumur 22 tahun berdomisili di Kecamatan Lolayan, Bolmong.

“Kasus 520 ini merupakan hasil tracking Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu di beberapa pertokoan di Kotamobagu. Saat dilakukan rapid test pada 19 Mei 2020, hasilnya reaktif dan langsung diambil sampel swab. Kamudian akhirnya terkonfirmasi positif,” kata Debby, Rabu (10/6).

Menurut Debby, pada 20 Mei 2020, pasien yang merupakan karyawan di salah satu supermarket di Kotamobagu itu sempat disolasi di rumah sakit Kotamobagu, kurang lebih sepekan. Kemudian, lanjutnya, pada 27 Mei 2020 pasien keluar dari rumah sakit dan dilanjutkan isolasi mandiri di rumah.

“Setelah terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan hasil PCR, pasien langsung dijemput Tim Gugus Tugas Kabupaten Bolmong, bekerjasama dengan Tim dari Puskesmas Tungoi Kecamatan Lolayan dan dibawa ke RSUD Datoe Binangkang Lolak, untuk menjalankan perawatan,” jelas Debby.

Tim juga sudah langsung melakukan tracking dengan anggota keluarga yang kontak erat resiko tinggi (KERT) dengan pasien.

“Dari hasil tracking ditemukan tiga orang yang KERT dengan pasien. Ketiganya merupakan anggota keluarga. Saat ini sementara menjalani isolasi mandiri di rumah. Rencana pekan depan akan diambil sampel swab,” jelas Debby.

Hingga Selasa 11 Juni 2020, di Bolmong tercatat, empat pasien terkonfirmasi positif. Kasus pertama (Kasus 141 Sulut) warga Kecamatan Lolak, sudah dinyatakan sembuh dan sudah kembali ke rumah.

Kasus kedua (248 Sulut) warga Kecamatan Bolaang dan kasus ketiga (443 Sulut) warga Kecamatan Dumoga Barat. Keduanya merupakan pelaku perjalanan, dan saat ini sementara menjalani isolasi serta perawatan di Rumah Singgah di Maumbi, Minahasa Utara.

Sementara pasien keempat (520 Sulut) sudah dijemput dan sementara dirawat di RSUD Bolmong.

“Jadi dari empat kasus terkonfirmasi di Bolmong hanya satu yang sementara dirawat di RSUD Datoe Binangkang Lolak,” ujar Debby, sembari mengajak masyarakat untuk tidak panik, tetap melakukan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan tetap menjaga jarak.

Editor: Ronny Adolof Buol



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com