bar-merah

72 penumpang KM Sabuk Nusantara 109 berhasil dievakuasi

zonautara.com
Kapal Patroli 343 milik Basarnas Manado mulai mengevakuasi penumpang KM Sabuk Nusantara 109.(Image: Basarnas Manado)

TAHUNA, ZONAUTARA.com – Sebanyak 72 penumpang Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 109 yang kandas sebelum sandar di pelabuhan Bukide, Kabupaten Kepulauan Sangihe, berhasil dievakuasi, Kamis (27/08/2020). Basarnas Manado yang menerima laporan kejadian yang berpotensi mengancam keselamatan jiwa tersebut bergerak cepat.

Kepala Kantor Basarnas Manado Suhri Sinaga langsung memerintahkan Pos SAR Tahuna yang merupakan UPT Basarnas Manado untuk bergerak cepat mengevakuasi penumpangnya. Dalam proses evakuasi pemindahan penumpang tersebut, tim SAR gabungan terdiri dari unsur Basarnas sendiri yang mengomandoi operasi, Lanal Tahuna, Sat Polair Polres Tahuna, KUPP Tahuna, dan Pelni Tahuna.

“Sebanyak 72 orang didahulukan dan 19 ABK tetap bertahan menunggu kapal Sabuk Nusantara 69 yang akan dilakukan penarikan pada Jumat (28/08/2020) pukul 04.00 pagi,” kata Suhri.

zonautara.com
KM Sabuk Nusantara 109 yang kandas.(Image: Basarnas Manado)

Kepala kantor Basarnas Manado menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada tim SAR gabungan yang terlibat sehingga proses evakuasi pemindahan korban cepat dilaksanakan.

“Dalam masa pandemi Covid-19 saat ini tim Basarnas tetap kami lengkapi menggunakan baju APD sesuai perintah Kabadan untuk mengantisipasi anggota pada saat di lapangan terhindar dari virus Covid-19,” ujarnya.

zonautara.com
Kepala Pos SAR Tahuna Steven Lumowa tengah berkoordinasi dengan penumpang di atas KM Sabuk Nusantara 109.(Image: Basarnas Manado)

KM Sabuk Nusantara 109 yang mengalami kandas itu bermuatan 91 orang terdiri yang dari 72 penumpang dan 19 ABK. Dari informasi diperoleh Basarnas Manado, kapal tersebut bertolak dari pelabuhan Lipang menuju pelabuhan Bukide pada Rabu (26/08/2020) pukul 21.00 WITA.

Ketika memasuki pelabuhan Bukide, KM Sabuk Nusantara 109 kandas karena faktor angin yang sangat kencang dengan berkekuatan 35 knot dari arah selatan dan disertai arus kencang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com