bar-merah

KM Sabuk Nusantara 109 kandas sebelum sandar di pelabuhan Bukide

zonautara.com
Tim SAR dari Pos SAR Tahuna bergerak cepat untuk melakukan upaya penyelamatan.(Image: Pos SAR Tahuna)

ZONAUTARA.com – Kapal motor (KM) Sabuk Nusantara 109 kandas saat mendekati area pelabuhan di Bukide, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Rabu (26/08/2020).

Kepala Pos SAR Tahuna Steven Lumowa mengatakan bahwa setelah mendapatkan laporan pada Kamis (27/08/2020) pukul 11.00 WITA, tim SAR bergerak pada pukul 11.30 WITA menggunakan Kapal Patroli 343 bersama anggota Lanal Tahuna.

“Penumpang di atas kapal tersebut ada 72 orang dan baru akan dievakuasi,” kata Steven yang dihubungi wartawan Zona Utara.

Hingga berita ini diturunkan, proses penyelamatan sedang berlangsung.

zonautara.com
Tim SAR dari Pos SAR Tahuna bergerak cepat untuk melakukan upaya penyelamatan.(Image: Pos SAR Tahuna)

Kapten KM Sabuk Nusantara 109 Yosep Beni Moerdani melalui Berita Acara Kapal Kandas, menjelaskan, pada hari Rabu tersebut, pukul 21.10 waktu setempat, kapal bertolak dari pelabuhan Likupang menuju Bukide. Kemudian, kapal tiba di Bukide pukul 22.10 waktu setempat.

Pada saat memasuki area pelabuhan Bukide, imbuh Yosep, kapal mengalami kandas pada koordinat 03’45’010” N/125’34.943E pada pukul 23.30 waktu setempat.

“Kapal kandas disebabkan oleh angin kencang dengan kecepatan 35 knot dari arah selatan yang disertai angin kencang dan menyebabkan kapal terdorong ke arah dangkal tepat di titik koordinatkoordinat,” tulis Yosep.

Dijelaskannya, pada saat kapal mengalami kandas telah dilakukan upaya, seperti memasang takut haluan dan buritan ke dermaga Bukide dan dilakukan penarikan menggunakan catatan kapal.

“Selain itu, dilakukan juga sounding kedalaman air laut dengan hasil, yaitu haluan kanan 2 meter, haluan kiri 2 meter, buritan kanan 2 meter, dan buritan kiri 2,5 meter. Setelah dilakukan upaya tersebut untuk keluar dari posisi kandas selama 3 jam, namun kapal tetap tidak berubah posisi,” terangnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com