bar-merah

Siswa dan mahasiswa dapat kuota internet gratis selama 4 bulan

Kuota internet gratis
Mendikbud Nadiem Makarim saat acara Lepas Sambut di Kemendikbud, Jakarta, Rabu (23/10). [Suara.com/Arya Manggala]

ZONAUTARA.COM – Aktivitas belajar di rumah selama masa pandemi sering dikeluhkan orang tua siswa maupun mahasiswa. Pasalnya kebutuhan akan kuota internet melonjak tinggi.

Kini keluhan itu direspon oleh pemerintah dengan menggelontorkan bantuan kuota internet gratis kepada siswa dan mahasiswa.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengumumkan bahwa para siswa, guru, mahasiswa, dan dosen akan mendapatkan kuota internet gratis selama empat bulan ke depan. 

Pemberian itu disebut sebagai solusi masalah pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.

Nadiem mengatakan pihaknya sudah mendapatkan anggaran sebesar Rp 8,9 triliun dari dana cadangan APBN 2020 yang dicairkan Kementerian Keuangan untuk mengalokasi kebutuhan pendidikan selama pandemi.

“Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar Rp 8,9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa atau kuota data bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama 3-4 bulan ke depan (September-Desember 2020),” kata Nadiem dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Kamis (27/8/2020).

Dalam paparannya, Nadiem menjelaskan bahwa setiap siswa akan mendapatkan pulsa kuota internet sebesar 35 GB/bulan, guru 42 GB/bulan, serta mahasiswa dan dosen: 50 GB/bulan, total anggaran untuk kuota internet ini adalah Rp 7,2 triliun.

Selain itu, Kemendikbud juga sudah mengamankan tambahan penerima tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan, tunjangan profesi, dan tunjangan guru besar sebesar 1,7 triliun.

“Ini berkat kerja keras tim Kemendikbud dan kerja keras kementerian-kementerian lainnya yang berkoordinasi untuk mendapatkan ini, terutama untuk Ibu Kemenkeu dan tim eselon I Kemenkeu yang telah bekerja keras untuk mengamankan anggaran ini dari dana cadangan kita,” imbuh Nadiem.

Meski begitu, Nadiem belum menjelaskan secara rinci teknis pencairan dana Rp 8,9 triliun tersebut agar bisa diakses siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com