bar-merah

5 tokoh pahlawan Indonesia yang namanya diabadikan negara lain

ZONAUTARA.COM – Indonesia dikenal dengan banyaknya tokoh bangsa yang berjuang semasa hidup mereka untuk kemerdekaan seluruh rakyat dan tanah air.

Kisah hidup mereka begitu menginspirasi dan meninggalkan jejak sejarah yang masih hidup sampai saat ini.

Kisah para tokoh Indonesia dengan jejak perjuangan ini, mendapat tempat dan menjadi daya tarik tersendiri bagi negara lain untuk mengabadikan nama dari para tokoh ini di negara mereka sendiri.

Berikut daftar nama tokoh Indonesia yang namanya diabadikan di negara lain:

Ir Soekarno

Presiden pertama Indonesia ini begitu populer dan dihormati namanya di negara luar. Nama Presiden Soekarno sendiri diabadikan di Maroko dengan nama Rue Soekarno, di Mesir dengan nama Ahmed Soekarno St, di Pakistan dengan nama Soekarno Square Khyber Bazar.

R. A. Kartini

Pejuang kesetaraan bagi perempuan ini ternyata begitu mendapat apresiasi di negara Belanda. Setidaknya ada total empat kota di Belanda yang tiap jalannya diberi nama R.A. Kartinstraat.

Empat kota tersebut yaitu Utrecht, Venlo, Amsterdam dan Haarlem.

Moh. Hatta

Wakil Presiden yang terkenal sebagai pecinta buku dan yang mendampingi Soekarno memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini ternyata merupakan alumni dari Erasmus University Rotterdam.

Selain R.A. Kartini, Tokoh bangsa Moh. Hatta sendiri juga dikenal di Belanda. Nama Moh. Hatta pun diabadikan menjadi nama jalan di daerah Haarlem dengan nama Mohammed Hattastraat.

Selain itu, kampus tempat ia berkuliah dahulu mengabadikan namanya di salah satu gedung kampus dengan diberi nama Hatta Building.

Soetan Sjahrir

Tokoh bangsa lainnya yaitu Soetan Sjharir, yang dimana terdapat namanya yang digunakan sebagai nama jalan di tiga tempat berbeda yaitu Sjahristraat di Leiden, Sjahrisingel di Giuda, dan Sutan Sjahristraat di kota Haarlem.

Munir

Pahlawan HAM dari Indonesia ini juga begitu dihormati di negara lain khususnya Belanda. Nama Munir pun diabadikan menjadi nama sebuah jalan di Den Haag dengan nama Munirpad.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com