ZONAUTARA.COM – Papua adalah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia, Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini.

Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Papua Bagian barat, yang memiliki luas 316.553,07 km2 dan merupakan provinsi terbesar di Indonesia.

Sejak tahun 2003, Irian Jaya dibagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat.

Berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini membuat masyarakat Papua yang berada di distrik Muara Tami, Kampung Skouw memiliki akses yang mudah untuk bepergian ke luar negeri.

Ya, cukup dengan menitipkan tanda pengenal berupa KTP kita sudah bisa memasuki wilayah negara Papua Nugini, bahkan ini berlaku bagi semua wisatawan yang berkunjung ke perbatasan Papua – Papua Nugini yang berada di Skouw.

Selain warga Indonesia bisa ke Papua Nugini, Warga Papua Nugini juga bisa masuk ke Indonesia. Namun yang harus kita perhatikan adalah waktu berkunjung tidak boleh lebih dari 24 Jam.