bar-merah

Ini permainan tradisional anak Indonesia

ZONAUTARA.com – Sebelum mengenal benda yang bernama gadget, pasti kita akan sering melihat anak-anak yang memenuhi aktivitas bermainnya di luar rumah dan masih kental diisi oleh permainan rakyat atau disebut juga permainan tradisional.

Permainan tradisional menjadi salah satu hiburan sebelum adanya internet dan gadget. Anak-anak kelahiran tahun 80-90-an menikmati bagaimana aktivitas di luar rumah begitu menarik dengan diisi berbagai jenis permainan tradisional.

Indonesia yang memiliki banyak suku dan budaya sangat sarat dengan permainan tradisional.

Yuk, kita segarkan kembali ingatan tentang permainan tradisional itu dan menjadi begitu berharga di era modern seperti sekarang ini. Siapa tahu di antara kalian pernah memainkannya saat kecil dulu.

Permainan tradisional petak umpet

Jenis permainan yang satu ini juga bisa dibilang seru loh. Cara bermainnya juga mudah. Di antara banyak anak yang bermain, ada satu anak yang bertugas mencari teman-teman lainnya yang sedang bersembunyi.

Permainan lompat tali

Permainan ini biasa dimainkan minimal tiga orang, dengan dua orang yang biasanya ditugaskan untuk memegang masing-masing tiap ujung dari tali atau karet.

Jenis permainan ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik lelaki dan perempuan, anak-anak dengan kelahiran tahun 80-90an pasti memiliki banyak kenangan tentang permainan yang satu ini.

Permainan tradisional bola bekel

Permainan ini biasanya dimainkan oleh para anak-anak gadis. Dengan cara menggunakan lima biji kerang dan bola kecil untuk dipantulkan, sambil dipantulkan tangan harus secepatnya mengambil biji kerang yang ada di lantai.

Permainan tradisional engklek

Sama halnya dengan lompat tali, engklekpun dapat dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Permainan ini membentuk sebuah gambar kotak-kotak.

Cara mainnya adalah dengan menggunakan batu ceper yang dilemparkan ke dalam tiap kotak mulai dari yang paling bawah sampai atas. Kemudian sang pemain harus mampu melompati tiap kotak kosong tanpa adanya batu dengan menggunakan lompatan satu kaki.

Permainan tradisional congklak

Jenis permainan tradisional ini biasanya hanya dimainkan oleh dua orang saja. Congklak pun identik dengan papan kayu dengan 16 lubang serta ditemani batu-batu kecil lainnya.

Permainan ini pun dituntut untuk memiliki strategi bermain yang baik dan handal.

Itulah beberapa daftar permainan tradisional Indonesia yang seharusnya bisa kita jaga dan lestarikan ke depannya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com