bar-merah

Fakta tentang nasi yang harus kamu ketahui

ZONAUTARA.com – Tidak akan mengaku sudah makan, jika belum makan nasi. Kamu pasti sering dengar kata gurauan yang sering digunakan orang Indonesia ini.

Iya, banyak dari kita orang Indonesia sangat tergantung pada yang namanya nasi. Sehari saja tanpa nasi berasa perut meronta dan pengakuan belum makan akan terus disuarakan.

Tapi, tahukah kamu bahwa dibalik nasi yang sudah menjadi salah satu makanan pokok kita untuk dimakan ini, ternyata ada fakta menarik loh. Berikut di bawah ini fakta menarik dari nasi yang perlu kamu ketahui.

Memiliki 40.000 varietas beras di seluruh dunia

Ternyata bukan hanya Indonesia saja, setidaknya tumbuhan padi yang sebelum menjadi nasi memiliki 40.000 varietas atau kelompok tanaman dalam jenis atau spesies tertentu yang dapat dibedakan jenisnya.

Wah, ternyata beras juga ada yang begini yah. Kamu pasti baru mengetahuinya juga nih.

Ada 3.000 butir beras dari 1 benih padi

Kamu mungkin yang selama ini penasaran berapa banyak beras yang dihasilkan dari padi, dan jawabannya untuk satu benih bisa menghasilkan 3 ribu butir beras. Jadi, sekarang bisa mikirkan selanjutnya berapa banyak benih yang kamu butuhkan agar bisa memenuhi bekal nasi sebagai makan siangmu.

Bisa tumbuh di mana saja kecuali Antartika

Sepertinya ini memang hal yang wajar karena mungkin Antartika merupakan benua yang tidak berpenduduk dengan kualitas iklim atau cuaca yang tidak cocok untuk tumbuhan padi.

Cina negara terbesar sebagai produksi dan konsumsi beras

Tidak heran tentang hal ini, negara China memang termasuk negara berpenduduk terbanyak di dunia dan dengan kondisi masyarakat yang menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya.

Butuh 5.000 liter air untuk menghasilkan 1 kilogram beras

Kamu perlu tahu alasan kenapa area persawahan itu membutuhkan banyak air, karena padi hanya akan tumbuh jika berada di tempat yang penuh air. Untuk itu, setidaknya perlu 5.000 liter air hanya untuk menghasilkan 1 kilogram beras saja.

Membangun tembok China

Pada jaman dahulu negara China menggunakan nasi sebagai salah satu campuran dalam membangun tembok raksasa China. Tembok raksasa inipun terbukti masih kuat dan kokoh sampai saat ini.

Apakah kita memang perlu kembali mencoba membangun rumah pakai nasi, mungkin untuk saat ini jawabanny iya. Ketawa bareng yuk!

Itulah sedikt fakta tentang nasi yang perlu kalian ketahui. Ternyata setiap hal walaupun yang paling sederhana sekalipun memiliki fakta-fakta menarik dibaliknya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com