bar-merah

Hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk orang tua di masa tuanya

Photo by Tristean le from Pexels

ZONAUTARA.com – Sosok orang tua di dalam kehidupan kita merupakan hal yang tidak bisa dijelaskan dengan kata saja. Kehadiran mereka adalah salah satu alasan kenapa kamu harus kuat dalam menjalani hidup ini.

Kerja kerasnya orang tua dalam membesarkanmu dan merelakan segalahnya demi kebahagian dirimu, membuat kamu semakin menyadari betapa sebenarnya kasih orang tua itu sepanjang waktu dan kamu tentu tak mampu membalas budi baik mereka.

Namun dengan seiring berjalannya waktu, kamu pun mulai menyadari bagaimana keadaan orang tua mu saat ini yang secara usia ternyata semakin lanjut dengan keadaan tubuh yang juga mulai rentah.

Kenyataan dan fakta tentang kondisi keadaan orang tua ini memang harus dapat kamu terima. Namun tentunya sebagai anak kamu pun sudah harus mulai berpikir bagaimana membuat orang tuamu bahagia.

Tidak usah berpikir terlalu rumit untuk dapat membuat mereka bahagia, karena di bawah ini kami beri tips untuk kamu, tentang hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk orang tua di masa tuanya.

Menemani orang tua berbelanja

Hal ini terlihat begitu sederhana, apalagi jika kamu mencoba menemani orang tuamu berbelanja di pasar. Namun, perlu kamu ketahui bahwa hal ini merupakan sesuatu yang dapat membuat mereka bahagaia.

Kehadiranmu dalam membantu dan memberikan mereka perhatian sebagai seorang anak adalah bentuk hal sederhana yang dapat berkesan bagi mereka.

Mengajak mereka ngobrol

Hal sederhana ini merupakan salah satu dari sekian banyak yang dapat membuat orang tuamu bahagia. Menyediakan waktu untuk bertukar pikiran atau sekedar cerita bersama mereka adalah momen yang paling mereka tunggu-tunggu.

Tidak jarang pada momen seperti ini akan ada banyak sesi curhat tentang pasangan, masa depan maupun hal-hal yang dahulunya kamu ataupun orang tuamu tak ketahui akan terbuka pada momen ini.

Ingat, ini momen paling membuat mereka bahagia loh. Kalau kamu tidak percaya dicoba saja!

Membuatkan mereka minuman/makanan

Hal ini biasanya dapat kita lakukan saat sore atau pagi hari ketika melilhat mereka sedang duduk santai atau sibuk dengan pekerjaan mereka.

Perhatian kecil dengan membuat minuman atau makanan ini ternyata mampu membuat mereka begitu bahagia. Perhatian yang kamu berikan walaupun hanya dari segelas teh panas dapat membekas dihati mereka dan membuat mereka bahagia.

Mengucapkan selamat hari ulang tahun

Kamu sering lupa ulang tahun orang tuamu, mulai saat ini yuk mulai menandai tanggalnya di ponsel kamu saja dulu, biar pengingatnya yang akan mengingatkan kamu.

Walaupun hanya dengan mengucapkan kata sederhana ini, perlu diketahui orang tuamu akan begitu bahagia loh ketika mendengarnya.

Berusaha bersikap lembut pada mereka

Faktor usia yang semakin lanjut, membuat orang tua kadang memiliki sifat-sifat yang tak biasa. Mereka akan banyak membuat kesalahan pada berbagai hal walau yang terlihat sederhana sekalipun.

Untuk itu, perlu bagi kita untuk mampu tetap lembut padanya. Berusaha menjaga perasaan mereka dengan tidak membentak dan menyayangi mereka seperti mereka menyayangi kita sewaktu kecil dahulu. Intinya jangan sampai membuat mereka terluka karena sikap dan perkataan kita yang kasar.

Itulah beberapa hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk orang tua mu di masa tua mereka.

Ingat, pergunakan waktu yang ada untuk membahagiakan orang tua selagi mereka masih ada di dunia ini, karena menyesal di kemudian hari tak ada gunanya lagi!



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com