VIDEO: Wajib dikunjungi, 5 pantai unik di Indonesia

Penulis: Suhandri Lariwu

ZONAUTARA.com – Indonesia memiliki luas wilayah sebesar 5.180.053 km² dan 3.257.483 km² merupakan lautan, kondisi geografis itu menjadikan Indonesia salah satu tujuan wisata pantai terbaik di dunia.

Ada beberapa lokasi wisata pantai yang sudah dikenal bahkan di mancanegara, di antaranya Bali, Bunaken, Raja Ampat Papua, Wakatobi, dan masih banyak lagi.

1. Pantai Pink, Pulau Komodo

Pantai ini terletak di Pulau Komodo yang termasuk dalam Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir yang berwarna pink dan menyegarkan, banyak orang yang menganggap pulau ini sebagai keajaiban dunia, karena pantainya yang berwarna pink.

Pulau sara Talaud
Pulau sara di kepulauan Talaud

Tapi tahukah kamu kenapa pantai ini berwarna pink? Ternyata warna pink merupakan campuran pasir putih dengan serpihan koral, cangkang, dan kalsium karbonat dari invertebrata mini laut, Foraminifera, dan mikroskopis Amuba yang memiliki cangkang berwarna kemerahan.

2. Gusung Sanggalau, Derawan – Kalimantan Timur

Pulau Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur akan memanjakan pengunjung dengan wisata bahari yang unik, dengan keberadaan biota laut yang masih sangat terjaga.

Betapa tidak, di pulau ini pengunjung bisa bertemu dengan ketam kenari, ikan paus, lumba-lumba dan duyung. Ada juga tempat unik yang menjadi bagian dari Pantai Derawan yaitu Gusung Sanggalau: sebuah pulau kecil yang dikelilingi pasir putih bersih dan air biru kehijauan.

3. Pantai Glagah, Jogja

Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Jogja, dapat ditempuh sekitar 1,5 jam melalui jalur darat. Pantai Glagah adalah pantai paling terkenal di Kulon Progo.

Pantai ini dikatakan unik karena memiliki laguna dan pemecah gelombang yang tidak terdapat di pantai lain di Jogja. Berbentuk tetrapod, pemecah gelombang di sisi kanan dan kiri dermaga terlihat siap menghadapi ganasnya ombak Samudera Indonesia.

4. Pulau Sembilan terletak di Nusa Tenggara Timur

Sesuai dengan namanya, pulau ini berbentuk seperti angka 9 (sembilan) yang keren, seperti angka sembilan dengan gaya huruf ketik. Gumuk pasir yang menyerupai angka sembilan ini terbentuk dari koral mati.

Wah, keren banget, koral bisa jadi pulau yang estetis. dengan bentuk bulat di tengah pulau jadi sangat mirip dengan angka 9!

5. Pantai Ngurtafur, Maluku Tenggara

Keunikan dari Pantai Ngurtafur adalah memiliki pasir timbul yang memanjang hingga ke tengah laut. Terjadi seperti membelah laut. Yang lebih asik lagi, pengunjung bisa berjalan-jalan di pasir pantai sekitar 2 kilometer! Fenomena munculnya pasir terjadi pada saat air surut.

Pasir yang timbul diapit laut dikenal dengan Pulau Gosong. Berkat keunikannya, tak sedikit pelancong yang datang dan berjalan di atas pasir itu muncul hingga ke tengah laut. Sejauh mata memandang, panorama pasir putih dan laut biru kehijauan yang jernih. Pasti pengalaman yang luar biasa.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com