bar-merah

Susah tidur? Coba atasi dengan 5 langkah ini

zonautara.com
Image: pixabay.com

ZONAUTARA.COMMengapa kita sangat membutuhkan tidur? Tidur nyenyak adalah kondisi yang membahagiakan dan perawatan kecantikan terbaik. Tapi tidak semua orang bisa tidur nyenyak. Bisakah kita belajar cara tidur nyenyak? Tentu saja bisa!

Banyak dari kita mengalami masalah dengan kualitas tidur karena berbagai alasan. Gangguan tidur yang paling umum adalah insomnia. Jutaan orang di seluruh dunia menderita insomnia.

Dari perspektif biologis, tidur malam yang nyenyak penting untuk membangun sistem kekebalan yang lebih kuat terhadap infeksi, penyakit jantung, dan berbagai penyakit lainnya.

Tidur nyenyak juga dapat menghilangkan kelelahan dan rasa sakit tubuh, membebaskan pikiran kita dari kesedihan atau kekhawatiran, dan bahkan dapat mencegah penyakit seperti demensia dan Alzheimer.

Rahasia tidur nyenyak

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara tidur nyenyak secara alami, teruslah membaca. Tidur adalah fenomena mental. Kehalusan dan kerumitannya, terutama dalam hal tidur nyenyak, bersifat spiritual, metafisik; Namun, hal itu dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal.

Faktor-faktor tersebut adalah aspek fisiologis dan psiko-sosial kehidupan kita yang berperan utama dalam gangguan tidur. Dengan tidak mengeksplorasi sifat tidur nyenyak dan mengabaikan aspek fisiologis dan psiko-sosial kehidupan kita, kita dapat menciptakan kebiasaan negatif yang menyebabkan lingkaran setan yang mengarah pada kualitas tidur yang buruk.

Tidur nyenyak dieksplorasi dan dipraktikkan dalam salah satu teks paling ringkas dan terpenting dari filsafat India, Mandukya Upanishad. Kebijaksanaan dalam teks mistik ini cukup padat dan mungkin tidak dapat dipahami pada awalnya, tetapi ia menawarkan jawaban tentang tidur nyenyak dan tiga tingkat kesadaran lainnya.

zonautara.com
Ilustrasi tidur siang (Foto: Pexels)

Rahasia dari tidur nyenyak, selain persiapan fisiologis dan psiko-sosial untuk tidur, rasa spiritualitas tertentu dan pengenalan ego juga diperlukan.

Penyebab gangguan tidur kemungkinan besar akan membawa kita pada fakta memecah-belah kehidupan “satu diri” menjadi dua entitas:

Identitas sosial = saya sebagai individu (ego)
Dunia luar = bukan aku

Tidur nyenyak ditentukan oleh pengaruh perilaku. Jika tidak ada gangguan pada ritme sirkadian (tidur malam dan terjaga di siang hari) atau faktor lingkungan (kamar tidur yang tenang, gelap, agak sejuk), maka muncul pertanyaan: mengapa saya mengalami masalah dengan tidur saya? Adakah ketidakharmonisan mental (ketidakpuasan, kecemasan, stres, atau depresi) dalam diri saya, yang menghalangi saya untuk menikmati tidur nyenyak?

Jika Anda ingin mempelajari cara tidur nyenyak, penting untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas terlebih dahulu.

Agar secara alami melampaui kondisi kesadaran saat bangun dari kondisi kesadaran tidur nyenyak, kita perlu mengembangkan ritual tidur untuk memudahkan kita tidur nyenyak.

Ini langkah alaminya

Coba gabungkan lima langkah ini ke dalam rutinitas Anda untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur nyenyak. Dengan bereksperimen pada setiap langkah ini, Anda akan menemukan apa yang berhasil dan tidak berhasil.

1. Mandi

Ini adalah cara yang baik untuk menenangkan mental dan merasa nyaman serta bersih di kulit Anda. Jika Anda tidak memiliki kemungkinan untuk mandi, maka cuci muka dan sikat gigi dengan benar. Jadikan ini salah satu aktivitas fisik terakhir Anda untuk hari itu.

Nyatakan rasa syukur bahwa Anda dapat beristirahat dengan damai, di mana pun Anda berada dan dengan siapa pun Anda berada. Berhenti bicara, secara verbal maupun mental.

2. Matikan obrolan

Cobalah untuk tidak memikirkan tentang apa pun yang menyangkut besok, kemarin, atau hari ini. Prioritas tertinggi Anda adalah tidur.

Ponsel cerdas Anda dan gadget lainnya harus dimatikan, anak-anak Anda harus masuk ke dalam kamar, dan semuanya harus disetel ke mode hibernasi. Jika terjadi sesuatu dan memaksa Anda harus keluar dari langkah ini, langkah 3 di bawah ini adalah teknik yang bisa diterapkan.

3. Latihan menenangkan

Ada beberapa teknik relaksasi yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan tubuh sebelum tidur. Regangkan tulang belakang Anda dengan menarik lengan ke atas kepala. Biarkan pernapasan Anda memimpin gerakan tubuh untuk meredakan ketegangan pada otot Anda. Putar panggul Anda dengan lembut, buat lingkaran ke kiri lalu ke kanan. Lakukan ini setidaknya selama 3-5 menit.

Selama 3-5 menit lagi, regangkan otot rahang bawah dengan membuka dan menutup rahang secara perlahan. Pijat otot kepala, leher, dan rahang Anda, lakukan sirkulasi dengan lembut menggunakan tangan Anda. Ini akan meredakan seluruh area ketegangan ini dan mempersiapkan tubuh Anda untuk tertidur lebih mudah dan lebih cepat. Sekali lagi, biarkan pernapasan Anda memimpin gerakan tangan Anda.

4. Bernapas Dalam

Jika Anda tidak mencoba hal lain sebelum tidur, setidaknya cobalah ini. Pernapasan yang lambat dan terkontrol dapat mengurangi detak jantung Anda, menurunkan hormon stres, dan mengendurkan otot Anda, yang semuanya penting untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur nyenyak.

Cukup perhatikan napas Anda dengan lembut, perlahan dan dalam. Mengikuti aliran napas Anda akan menghancurkan proses berpikir.

zonautara.com
Ilustrasi dari Pixabay.com

Teknik pernapasan dalam yang sadar ini adalah satu-satunya cara alami untuk menstabilkan detak jantung, suhu tubuh, dan menenangkan / menghentikan fluktuasi mental Anda. Hasilnya, sistem saraf menenangkan dan menstabilkan produksi hormon.

Semua faktor ini membawa Anda lebih efektif dan lebih efisien ke tahap N3 tidur NREM: tidur nyenyak.

5. Meditasi

Pernapasan dalam secara terus menerus dan sadar membawa Anda secara otomatis ke keadaan pikiran meditatif di mana semua fungsi tubuh seimbang dan siap untuk beregenerasi dalam tidur. Lakukan latihan meditasi berikut:

Secara sadar bangkitkan pikiran tentang bagaimana pola pernapasan Anda akan membawa Anda dari kondisi kesadaran terjaga ke tidur nyenyak dengan cara yang damai. Renungkan diri Anda sebagai makhluk murni yang tidak memiliki bentuk atau nama. Ini cukup abstrak, tapi begitu juga dengan tidur nyenyak. Dalam keadaan tidur nyenyak, tidak ada tubuh, tidak ada pikiran, dan tidak ada yang mengalami. Jadi, biarkan “diri” Anda terbawa tidur nyenyak dengan tidak menganalisis bagaimana hal itu dilakukan.

Ketika keadaan tidur nyenyak telah melampaui keadaan terjaga, konsep identitas sosial mengakui pengalaman ketiadaan.

Setelah Anda menguasai langkah ini, Anda tidak akan pernah mengalami masalah tidur, mengingat ritme sirkadian dan faktor lingkungan Anda tetap terjaga.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com