bar-merah

Berharap Sumbar jadi provinsi yang dukung Pancasila, Puan Maharani kian dicecar publik

zonautara.com
Ketua DPP PDIP, Puan Maharani.(Image: Suara.com/Fakhri)

ZONAUTARA.com – Pernyataan yang mengejutkan yang dilontarkan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan Puan Maharani yang berharap Sumatera Barat (Sumbar) menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila, kian dicecar publik.

Pernyataan Puan tersebut disampaikan saat mengumumkan calon kepala daerah gelombang V yang diusung partai berlambang Banteng Moncong Putih, Selasa (01/09/2020).

“Semoga Sumatera Barat bisa menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila, bismillahirrohmanirrohim. Merdeka,” kata Puan.

Hal itulah yang kemudian mempublik publik langsung merespons. Di antaranya, politikus Partai Demokrat Zara Zettira Zr. Zara. Zara menegaskan bahwa sejak dulu kala, Sumbra mendukung Pancasila.

“Sejak dulu kala SUMBAR udah PANCASILA. Puan ke mana aja? Pancasila ya bukan Eka sila, Tri sila, duet sila dan istilah-istilah baru lainnya,” tulis Zara melalui akun Twitter @zarazettirazr.

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Tengku Zulkarnain juga ikut tersinggung. Dia kemudian mempertanyakan maksud Puan.

“Kami bertanya pada Puan: sejak kapan Sumbar bukan pendukung Negara Pancasila?” tulis Tengku melalui akun Twitter yang dikutip Suara.com.

Tengku juga mengingatkan Puan agar jangan mengait-ngaitkan nasionalisme warga Sumatera Barat jika nanti PDI Perjuangan ternyata kalah di provinsi itu.

“Kalau PDIP jeblok di sana bukan berarti Sumbar tidak mendukung Negara Pancasila. Paham?” kata Tengku.

Belajar dari polemik itu, pengasuh Pondok Penghafal Al Qur’an Yatim Dhuafa Baitul Qur’an Ustaz Hilmi Firdausi menekankan pentingnya literasi.

“Aneh saja jika masyarakat Sumbar dibilang tidak mendukung Pancasila. Memangnya Hatta dan Sjahrir berasal darimana? Salah satu perumus Pancasila Moh. Yamin juga putra asli Minang. Belum lagi H. Agus Salim, M. Natsir dan masih banyak lagi tokoh bangsa putra asli Minang. Inilah perlunya banyak membaca sebelum bicara,” kata Hilmi melalui akun Twitter @Hilmi28.

Kemarin, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan maksud pernyataan Puan yang berharap Sumatera Barat mendukung Negara Pancasila.

Pernyataan Puan, kata Hasto, secara umum ditujukan kepada 42 pasangan calon yang diumumkan PDI Perjuangan pada gelombang V pada Rabu (2/9/2020).

“Yang dimaksudkan Mbak Puan dan sebagaimana seluruh kader partai mengingatkan bagaimana Pancasila dibumikan tidak hanya di Sumatera Barat, tetapi di Jawa Timur, di seluruh wilayah Republik Indonesia, Pancasila harus dibumikan, Ibu Mega begitu kagum dengan Sumbar, demikian juga Mbak Puan,” kata Hasto dalam jumpa pers secara virtual.

Hasto menekankan pernyataan Puan bukan dimaksudkan untuk menyinggung orang Sumatera Barat, melainkan dukungan terhadap Pancasila dalam konteks kebudayaan dan nasionalisme.

“Jadi yang dimaksud pembumian Pancasila di Sumbar itu lebih kepada aspek kebudayaan, nasionalisme, juga menyentuh hal-hal di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com