bar-merah

Ini 8 kepintaran anak dan cara stimulasinya

Ilustrasi. (Image: unsplash.com)

ZONAUTARA.com – Setiap anak diciptakan dengan keunikannya masing-masing. Orang tua harusnya bisa menyadari hal itu untuk membantu tumbuh kembang mereka.

Didikan pada usia anak-anak sangat penting. Berdasarkan cara didik orang tua akan menunjukkan cara tumbuh anak. Dr. Howard Gardner dari Harvard University membuat delapan langkah membuat anak tumbuh cerdas dan stimulasi yang bisa diberikan orang tua.

  1. Word smart

Suka membaca, menulis, atau mendengarkan cerita. Untuk menstimulasi word smart anda bisa coba aktivitas bercerita, membaca bersama, melakukan dialog percakapan, bermain dengan huruf-huruf alfabet atau kartu berisi kata-kata.

2. Self smart

Anak-anak ini biasanya senang bermain sendiri. Bisa memiliki misi ketika besar akan menjadi apa saat besar nanti, punya rasa percaya diri yang kuat, dan lebih hebat dalam mengkomunikasikan perasaannya.

Untuk menstimulasi self smart anda bisa mengajak si kecil berbicara tentang perasaannya, coba aktivitas yang bisa mengurangi stres, misalnya yoga, main boneka, atau peragaan

3. Number smart

Tertarik pada angka, matematika, sains, atau hal-hal yang berhubungan dengan logika. Main monopoli, mengunjungi museum ilmu pengetahuan, bermain menghitung benda-benda, timbangan, puzzle, atau abacus bisa menjadi pilihan untuk menstimulasi kecerdasan si kecil.

4. Nature smart

Si kecil suka bermain di alam, menyukai binatang, mengoleksi dedaunan, peduli terhadap lingkungan bisa menjadi tanda ia memiliki nature smart.

Anda bisa bantu stimulasi kecerdasan ini dengan jalan-jalan ke alam bebas, memelihara binatang, berkebun bersama atau bermain dengan teropong.

5. People smart

Suka bermain dengan teman-temannya, memiliki empati, suka memimpin dan bisa memahami perasaan orang lain bisa mencirikan anak dengan people smart.

Aktivitas stimulasi bisa berupa menghadiri acara-acara perayaan, bermain bersama di luar, main game, atau main drama dengan kostum.

6. Body smart

Suka menciptakan sesuatu dengan tangan, suka olahraga, menari, menyentuh benda-benda dan mempelajarinya.

Ajak si kecil untuk olahraga bersama, membuat prakarya, nonton pertunjukan balet atau teater, menyukai alat-alat senam, lompat tali dan balok-balok.

7. Picture smart

Suka menggambar seni, suka berimajinasi, atau bermain dengan membangun sesuatu dengan balok.

Menggambar bersama, nonton film, mengunjungi museum seni, bermain dengan lilin ataupun bermain dengan cat warna bisa jadi pilihan. Anda juga sesekali bisa ajak si kecil bermain dengan menggunakan kamera.

8. Music smart

Suka bernyanyi, menggoyangkan badan sesuai irama, memainkan instrumen musik, mendengarkan dan mengingat lagu bisa menjadi kegemaran si kecil dengan music smart.

Bermain mendengarkan musik atau menyanyi bersama bisa menjadi alternatif kegiatan. Anda juga bisa sesekali mengajak si kecil ikut ke konser musik.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com