Banjir dan tanah longsor porak-porandakan Kabupaten Bone Bolango

Lukman Polimengo
Penulis Lukman Polimengo
Banjir bandang di Kecamatan Bulawa mengakibatkan kerusakan materi yang parah.(Image: zonautara.com/Lukman Polimengo)



GORONTALO, ZONAUTARA.com – Musibah banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Senin (07/09/2020) lalu, mengakibatkan kerusakan parah.

Banyak rumah warga yang rusak akibat diterjang dan ditimbun endapan material yang dibawa banjir di Kecamatan Bulawa, Kecamatan Bone Raya, dan Kecamatan Bone Pantai.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, desa di Kecamatan Bulawa yang terdampak, yaitu Kaidundu, Kaidundu Barat, Mopuya, Dunggilata, Mamungaa Timur, dan Mamungaa.

Di Kecamatan Bone Raya, desa yang terdampak adalah Tombulilato sedangkan di Kecamatan Bone Pantai ada desa Bilungala yang turut terdampak.

Air bah bercampur lumpur membuat sejumlah rumah warga porak-poranda. Di desa Mopuya tercatat ada tiga rumah yang hanyut tersapu arus, serta sejumlah rumah rusak berat akibat terendam lumpur.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Posko Induk Tanggap Bencana, di desa Mamungaa Timur, ada sebanyak 917 warga yang terdampak banjir dan tanah longsor; desa Mamuangaa, ada 420 jiwa; desa Mopuya, sebanyak 525 jiwa; desa Dunggilata 176 jiwa; desa Kaidundu Barat 195 jiwa; desa Pinonuntiga 150 jiwa; dan desa Kaidundu, 127 jiwa.

Total keseluruhan warga terdampak dari 7 desa tersebut mencapai 2.510 jiwa. Warga yang mengungsi  total ada 1.943 jiwa yang terberasal dari desa Mopuya sebanyak 600 jiwa, desa Mamuangaa 426, serta desa Mamuangaa Timur sebanyak 917 jiwa.

Sementara infrastruktur yang tercatat terdampak antara lain, 10 rumah hanyut, 62 rusak berat, ada 41 unit rumah rusak ringan, dan satu jembatan beton hanyut dibawa air.

Banjir juga merendam 2 kantor desa, 2 Sekolah Dasar, serta 3 masjid yang tergenang lumpur.

Sesaat setelah musibah ini terjadi, aparat TNI–Kepolisian, Tagana, serta beberapa unsur lainnya diterjunkan untuk membantu warga terdampak.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
2 Comments
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com