ZONAUTARA.com – Diri kamu tidak diciptakan untuk menjadi robot dalam kehidupan ini. Kamu juga tidak diciptakan dengan memiliki sebuah mesin di tubuhmu, kamu memiliki mereka, pikiran dan ataupun perasaan. Kamu manusia seutuhnya.

Terkadang kamu mungkin suka seenaknya dengan hidupmu. Melakukan semua aktivitas semaumu, tanpa perlu untuk menemukan jeda dalam semua hal itu.

Tindakanmu ini sebenarnya akan berdampak bagi kesehatanmu, baik dapat membuat menurunya imun tubuh karena terlalu kelelahan dalam berpikir dan tenagamu yang habis terkuras.

Jangan kaget juga, kalau akhirnya hal ini dapat membawamu pada situasi yang lelah secara psikis atau kamu merasa jiwa kamu sedang tidak dalam kondisi yang baik-baik saja.

Oleh sebab itu, peran penting kamu untuk menyadari sepenuhnya bahwa di saat sudah terasa begitu melelahkan, itu adalah sebuah warning untukmu bahwa tubuhmu perlu lakukan rehat sejenak.

Istirahat dari yang namanya media sosial

Photo by cottonbro from Pexels

Jauhkan diri sejenak dari aktivitas yang satu ini atau going offline! Terkadang terlalu banyak melihat hal-hal yang ada di media sosial membuat kamu juga akan lelah dan tak jarang mempengaruhi kesehatan mentalmu.

Membuatmu sering membandingkan hidupmu dengan orang lain, membuatmu merasa yang lain lebih keren darimu, membuatmu insecure dan pandangan kamu tentang hidupmu selalu kurang memuaskan.

Percayalah dengan mengistirahatkan diri dari salah satu dunia yang paling bising saat ini, yaitu media sosial, akan menyelamatkan waktumu dan istirahatmu lebih berdampak dan bermakna.

Istirahat dengan mengambil waktu khusus hanya untuk kamu dan diri kamu

Photo by Una Laurencic from Pexels

Kamu mungkin akan mengenalnya dengan istilah Me Time, yaitu sebuah waktu yang hanya kamu khususkan dan ingin dihabiskan bersama diri kamu sendiri.

Kamu tidak memerlukan orang lain, kamu hanya mencoba mencari kedamaian dan bercengkrama erat dengan dirimu dalam pembahasan apapun itu.

Kebiasaan ini bisa sepenuhnya berhasil untuk membuat kamu merasa hidup kembali. Mengembalikan kekuatan yang sudah habis terkuras dan secara mental atau psikis kamu pun akan merasa lebih ringan kembali.

Kamu butuh tidur untuk istirahat

Photo by Gregory Pappas on Unsplash

Jangan terlalu memaksa begadang sampai pecah matahari pagi. Ingat, kamu itu bukan robot dan di dalam tubuhmu tidak ada mesin buatan eropa yang berdiam di dalam sana.

Istirahatlah yang cukup, 7-8 jam untuk istirahat malam dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuhmu khususnya menjauhkan kamu dari yang namanya kelelahan.

Kalau sudah kelelahan, mentalmu juga jadi tidak stabil. Sering marah-marah tidak jelas dan dapat mempengaruhi produktivitasmu.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id