ZONAUTARA.com – Sering menggunakan microwave? Biasanya untuk apa saja, ibu?

Microwave paling umum dimanfaatkan untuk defrost atau mencairkan makanan yang sebelumnya disimpan dalam freezer. Memanfaatkan microwave ternyata bisa untuk banyak hal di dapur.

Simak tips memanfaatkan microwave untuk 6 keperluan dapur berikut ini.

  1. Melunakkan sayur lebih cepat

Microwave bekerja dengan cara memancarkan radiasi gelombang mikro melalui makanan. Gelombang mikro tersebut memicu molekul air dalam makanan saling bergesekan sehingga dapat memroduksi panas yang mematangkan makanan.

Itulah mengapa makanan dengan kandungan air tinggi misalnya sayuran dapat matang lebih cepat. Saat ingin memasak sayur, ibu bisa coba gunakan microwave dibanding kompor.

Suhu panas dalam microwave lebih stabil sehingga mampu melunakkan sayur lebih cepat.

2. Membuat proses mengiris bawang tak perih di mata

Sering nangis saat sedang mengiris bawang? Tidak benar-benar menangis, tetapi saat mengiris bawang senyawa bersulfur yang terkandung dalam bawang akan bereaksi dengan suatu enzim sehingga menghasilkan asam sulfenat. Asam sulfenat ini sifatnya tidak stabil sehingga dengan cepat dapat berubah menjadi propanetiol S-oksida.

Senyawa inilah yang kemudian berinteraksi dengan mata dan menyebabkan rasa perih dan kemerahan. Sebelum mulai memotong bawang, ibu bisa coba memotong ujung-ujung bawang merah, kemudian memanaskan bawang merah tadi ke dalam microwave sekitar 1 menit. Ini dapat membantu mengurangi rasa perih saat mengiris bawang.

3. Mencairkan gula merah dengan cepat

Saat membutuhkan gula merah untuk membuat jajanan misalnya, ibu perlu mencairkannya lebih dulu. Tektur gula merah yang agak keras biasanya butuh sedikit waktu. Mencairkannya di atas kompor pun harus hati-hati agar tidak gosong. Coba gunakan microwave untuk pekerjaan ini. Gula merah akan lebih mudah melunak saat dipanaskan dalam microwave.

4. Membuat jus lemon atau jeruk dengan porsi lebih banyak

Lemon ataupun jeruk yang agak padat biasanya lebih sulit untuk diperas dan dibuat jus. Hasil perasan lemon atau jeruk ini akan lebih banyak jika sebelumnya dipanaskan dalam microwave.

Panaskan buah lemon sebentar untuk melunakkan tekstur dan mendapatkan hasil perasan yang lebih banyak.

5. Menjaga kualitas roti

Ketika memiliki stok roti di dapur, cobalah untuk memanaskannya terlebih dulu dengan microwave sebelum disajikan. Meletakkan roti dalam microwave akan menjaga kekedapan udara dalam roti tersebut sehingga roti akan jauh lebih segar dan awet.

6. Membuat popcorn

Popcorn bisa menjadi alternatif cemilan yang disukai banyak orang. Biasanya popcorn ala rumahan dibuat dengan memanaskan panci atau teflon di atas api kompor. Tapi, jika ibu memiliki microwave coba gunakan microwave saja. Membuat popcorn dengan microwave jauh lebih mudah dan cepat. Hasilnya pun popcorn mengembang lebih sempurna.

Bagikan !