bar-merah

Jangan boros, ini 5 cara menyisihkan uang lebih tiap bulan

Ilustrasi. (image : pixabay.com)

ZONAUTARA.comJika tidak bisa mengolah cash flow bulanan mu dengan baik dan menyisihkan uang simpanan, bagaimana kamu akan membayar berbagai kewajiban bulanan, membayar premi asuransi, ataupun berinvestasi?

Duduk dan meratapi nasib mengeluhkan persoalan nominasi pendapatanmu bukanlah solusi. Bahkan orang-orang dengan gaji di atas rata-rata pun berpotensi mengeluhkan pengeluaran bulanan yang mungkin tidak sesuai.

Belajarlah untuk lebih cermat dalam menggunakan uang bulananmu dan mengalokasikannya ke berbagai hal yang kamu rasa lebih bermanfaat.

Berikut 5 cara yang bisa kamu gunakan untuk bisa menyisihkan lebih banyak uang dan mengalokasikannya ke berbagai hal yang lebih bermanfaat.

1. Jangan ulangi kesalahan

Tiap bulan kamu harus mengevaluasi dirimu. Kamu harus mengetahui apa saja hal yang membuatmu boros di bulan sebelumnya. Kurangi, hindari, atau bahkan hilangkan hal tersebut.

2. Lakukan penyisihan uang di awal bulan

Menabung di akhir bulan tidak akan membantumu. Yang terjadi malah kamu keburu menghabiskan semua penghasilanmu dan tidak sempat menabung.

Jangan anggap menabung adalah kebutuhan kesekian. Atau menabung hanya saat memiliki kelebihan uang diakhir bulan.

Belajar menyisihkan uangmu di awal bulan. Hal ini membuatmu lebih konsisten untuk menabung dan pastinya bisa lebih mengontrol pengeluaranmu.

3. Buat target harian

Jika kamu sudah sisihkan total uang yang akan ditabung, maka sisa uang lainnya adalah uang belanja bulananmu. Membagi pengeluaranmu per hari bisa membantu.

Dibanding kewalahan menghitung dan mengontrol target bulanan, akan lebih mudah untuk menghitungnya per hari. Kamu juga bisa coba buat target harian. Misalnya selalu menabungkan sisa uang tiap harinya.

4. Cari substitusi untuk kebutuhan sehari-hari

Jangan terpaku pada merk dan brand. Itu hanya akan mengocek kantong mu lebih jauh. Coba cari alternatif. Kamu bisa mencoba brand atau merk berbeda yang lebih murah.

Memperhatikan harga di tiap tempat berbelanja juga sedikit membantu. Meski tidak terlampau jauh tapi kamu bisa menemukan produk yang sama dengan harga berbeda.

5. Simpan sisa uang gajian

Jika saat ketemu tanggal gajian masih ada sisa uang bulan lalu, simpan. Jangan mencampur adukkan penghasilanmu. Dengan begitu kamu lebih mudah mengontrol batas jumlah pengeluaran tiap bulannya.

Nah, selamat mencoba. Bulan ini berapa uang yang berhasil kamu sisihkan? Apakah bulan depan kamu bisa menyisihkan lebih? Apa yang membuat kamu bisa begitu?

Selalu evaluasi dirimu dan temukan hal-hal yang membantumu lebih hemat atau malah hal-hal yang membuatmu lebih boros.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com