ZONAUTARA.comMentega yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia atau sering dijumpai saat hari raya sebagai bahan membuat kue adalah jenis margarin.

Ternyata mentega itu berbeda dengan margarin. Dan mentega banyak jenisnya. Tiap jenis memiliki ciri khas masing-masing. Simak penjelasan berikut.

Salted butter

Foto dari Unsplash.com

Mentega jenis ini biasanya mengandung garam sehingga memiliki cita rasa yang cenderung asin atau gurih. Mentega ini adalah mentega yang paling umum digunakan masyarakat atau yang dikenal dengan margarin.

Biasanya dimanfaatkan untuk mengoles roti, martabak, ataupun bahan utama pembuat kue.

Whipped butter

Foto dari Unsplash.com

Teksturnya lebih lembut dibanding jenis mentega lain. Kandungan gas atau udara lain seperti nitrogen membuat mentega ini memiliki tingkat kepadatan berbeda dari mentega jenis lainnya. Sehingga lebih sering dikonsumsi sebagai olesan roti.

Organic butter

Foto dari Unsplash.com

Mentega ini dapat digunakan seperti mentega pada umumnya. Perbedaannya adalah mentega ini berasal dari sapi yang diberi pakan organik tanpa obat-obatan.

Ternak biasa diberi obat-obatan ataupun hormon lainnya untuk menunjang pertumbuhan.

Light butter

Foto dari Unsplash.com

Mentega ini identik dengan kalori tinggi sehingga akan dihindari orang-orang yang sedang menjalani program diet. Jika diantara kamu ada yang suka konsumsi mentega tapi takut dengan kalori yang terlalu tinggi, kamu bisa coba mentega jenis ini.

Light butter biasanya memiliki kandungan kalori sekitar 50% lebih rendah dibanding jenis mentega lainnya. Hal ini karena kandungan lemak susu didalamnya hanya sekitar 40%. Kandungan lainnya adalah air, asam laktis, dan lain-lain.

Mentega ini direkomendasikan untuk membuat kue atau untuk memasak.

European-style butter

Mentega satu ini memiliki kandungan lemak yang relatif tinggi dan cenderung fluffy ketika diolah. Kandungan lemaknya bisa mencapai 82% hingga 85%. Biasanya dibuat dari krim fermentasi dan umumnya digunakan untuk berbagai jenis masakan.

Unsalted butter

Sesuai namanya, mentega ini tidak memiliki kandungan garam. Dimana 80% kandungan dari mentega ini adalah lemak susu.

Bagikan !