bar-merah

Ini jenis susu berdasarkan kandungan lemaknya

Ilustrasi. (Image: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Susu adalah minuman dengan kandungan gizi yang sangat tinggi dan banyak manfaat. Susu sangat bermanfaat bagi bayi karena susu adalah sumber zat gizi utama bagi bayi sebelum bayi dapat mencerna makanan padat.

Susu memiliki nilai Total Soluable Solid (TSS) sebesar 13 persen. TSS tersebut terdiri dari, protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Susu yang dihasilkan oleh hewan yang paling umum kita temui pada produk-produk susu adalah susu sapi. Ada berbagai jenis-jenis olahan susu yaitu :

1. Whole milk

Dikenal sebagai susu murni, susu ini memiliki 3,35 persen kandungan lemak di dalamnya. Sebanyak 50 persen kalorinya berasal dari kandungan lemak ini. jenis susu ini cocok dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

2. Reduce-fat milk

Reduce artinya mengurangi atau menurunkan. Dibanding jenis susu murni sebelumnya, kadar lemak pada susu ini sudah dikurangi, yakni tersisa 2 persen kandungan lemak dari total berat susu. Produk susu ini memilki 9 nutrisi yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Selain kandungan lemak yang diturunkan hingga 2 persen, produk reduce-fat milk juga ada dengan kandungan lemak 1 persen. Kandungan 1 persen lemak sudah dikategorikan rendah sehingga produk susu reduce-fat ini bisa jadi alternatif buat kamu yang suka mengonsumsi susu tapi takut gemuk.

3. Non-fat milk

Meski dikenal dengan non-fat milk susu satu ini tidak benar-benar bersih dari kandungan lemak. Hanya saja kandungan lemak dalam susu ini tergolong sangat rendah.

Dalam produk susu non-fat milk kandungan lemaknya hanya berkisar 0,5 persen dari total berat susu. Artinya, dari total asupan kalori yang didapat dari non-fat milk, kalori yang berasal dari lemak sekitar 5 persen.

Kandungan lemak yang rendah, sehingga susu ini cocok dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet.

4. Full cream milk

Mengandung 5 gram lemak jenuh di setiap gelasnya. Kandungan kalori di dalamnya biasa sekitar 150 kkal untuk tiap porsi. Buat yang memiliki permasalahan dengan berat badan berlebih, konsumsi full cream milk tidak direkomendasikan ya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com