Fitur terbaru Android 10, bisa bikin caption otomatis juga loh!

Kontributor: Zahra
Penulis Kontributor: Zahra
Ilustrasi. (image : pixabay.com)



ZONAUTARA.com – Android sudah merilis sistem terbarunya sejak September tahun lalu. Ada yang sudah punya?

Ada yang beda nih dari versi-versi sebelumnya. Udah tahu belum? Alih-alih menggunakan nama-nama dessert sesuai urutan alfabet seperti Cupcake, Donut, Eclair, hingga Pie, pihak Google memutuskan untuk meluncurkan versi ke-15 OS mereka dengan nama Android 10.

Nah, apa aja nih fitur baru yang bisa kamu nikmati di versi kali ini? Yuk intip ulasan berikut!

1. Smart Reply

zonautara.com
Zonautara.com

Balas pesanmu jadi lebih mudah dengan fitur Smart Reply yang ada di Android 10. Dengan mengadopsi fungsi dan cara kerja yang serupa dengan fitur pada Gmail, sekarang kamu dapat menggunakan fitur balasan otomatis di semua aplikasi chatting seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan Signal.

Dengan menggunakan metode machine learning, sistem Android 10 akan memberikan rekomendasi tiga jawaban singkat yang kemungkinan cocok untuk pesan yang kamu terima. Tak hanya pilihan balasan, versi Smart Reply baru ini juga bisa memberikan saran action yang bisa kamu lakukan selanjutnya.

Misalnya dengan membuka link Google Map dari alamat yang baru saja kamu terima. Keren kan?

2. Dark Theme

zonautara.com
Zonautara.com

Google menjawab permintaan pasar untuk turut menyediakan fitur yang paling banyak dicari pada tahun 2019 ini. Dengan menggunakan fitur dark theme pada Android 10, kamu bisa membuat tampilan seluruh sistem HP kamu menjadi berwarna gelap.

Fitur ini dikembangkan secara khusus agar tampilan sistem dapat lebih nyaman di mata, sehingga mengurangi dampak negatif yang kerap ditimbulkan dari penggunaan HP dalam jangka waktu panjang. Dark theme juga bisa membuat baterai kamu lebih awet dan tahan lama loh.

3. Enhanced location and privacy tools

zonautara.com
Zonautara.com

Android 10 turut meningkatkan fitur keamanan pada sistem operasinya dengan memberikan bagian dedicated location pada pengaturan HP. Para pengguna dapat mengendalikan data lokasi yang dibagikan dengan aplikasi.

Jadi kamu bisa memilih untuk membagikan data lokasi hanya pada saat menggunakan aplikasi, setiap saat, atau tidak sama sekali.

4. Focus Mode

zonautara.com
Zonautara.com

Hilangkan semua gangguan dengan menyembunyikan notifikasi serta akses ke aplikasi secara temporal, cukup dengan sekali tekan. Tinggal pilih aplikasi yang paling mengganggu buatmu dan Focus Mode akan membantumu jadi lebih tenang dan bebas gangguan dalam waktu yang kamu tentukan.

5. Sound Amplifier

Penambahan fitur lain di Android 10 yang tak kalah kece adalah Sound Amplifier. Dengarkan bunyi dan suara yang ada di sekelilingmu dengan lebih jelas, tanpa perlu pakai bantuan alat atau aplikasi pihak ketiga.

Sound Amplifier menawarkan kemampuan sound boost, filter background noise, dan fine tune untuk memaksimalkan pengalaman audio di HP-mu. Baik itu saat mendengarkan lagu favorit, menonton video, atau bicara lewat telepon, cukup gunakan headphone dan kamu langsung mendapatkan kualitas audio yang lebih baik.

6. Live Caption

Dengan adanya fitur Live Caption dari Android 10, hanya dengan sekali tekan kamu bisa menambahkan caption secara otomatis ke setiap video, podcast, dan pesan suara. Bahkan video atau audio yang kamu rekam sendiri. Serunya lagi, semuanya bisa kamu lakukan tanpa perlu bantuan koneksi internet sama sekali loh.

7. 5G Compatible 

zonautara.com
Zonautara.com

Kehadiran sistem operasi baru dari Google lewat Android 10 juga turut mendukung kapasitas jaringan masa depan paling mutakhir, apalagi kalau bukan 5G. Di mana pun kamu berada, generasi jaringan super cepat 5G akan menjadi tren teknologi baru yang membawa banyak perubahan pada cara kita berkomunikasi.

Untuk itulah Google telah mengembangkan ekstensi API pada Android 10 yang compatible dengan jaringan 5G.

Nah, itulah beberapa fitur teranyar yang bisa kamu dapatkan di Android 10. Namun untuk saat ini kamu mesti bersabar, karena Google baru merilis sistem operasi terbaru ini secara terbatas untuk beberapa jenis ponsel saja.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com