MANADO, ZONAUTARA.com – Pemerintah Kota Manado telah memberikan ijin untuk usaha kuliner dengan menerapkan standar protokol Covid-19 yang ketat demi mencegah terjadinya klaster baru penyebaran virus Corona.

Salah satunya adalah The Mango Resto & Coffee Shop yang beralamatkan di Jalan Bethesda, Kecamatan Sario, Kota Manado, yang menerapkan standar kesehatan dan kebersihan standar hotel berbintang.

“Kami memiliki standar sterilisasi, sanitasi dan higienis dalam menjalankan operasional serta semua karyawan atau pengunjung yang masuk area resto wajib menggunakan masker, cuci tangan, cek suhu badan,serta menjaga jarak,” Operational Manager The Mango Resto & Coffee Shop Kyrie Eleison.

Sementara itu untuk standar kebersihan, menurut Eleison, mereka menggunakan jasa pest control hama tikus, kecoa, semut dan nyamuk serta kebersihan area dapur yang tetap terjaga. Setiap hari peralatan memasak dan alat makan sebelum digunakan, dicuci dengan sabun pada air mengalir kemudian direndam dengan air panas.

“Sejak awal buka kami juga sudah menggunakan air sumur, PDAM, isi ulang sesuai peruntukannya serta dalam memasak kami tidak menggunakan MSG,” beber Eleison.

Mencegah penyebaran Covid-19, Hotel Peninsula Manado menerapkan standar protokol kesehatan ketat untuk para tamu yang akan menginap di salah satu hotel terbaik di Kota Manado tersebut. Manager Security Lucky Katiandagho menuturkan, untuk para pengunjung Hotel Peninsula, mulai dari pintu depan tepatnya di pos masuk hingga memasuki area lobby, diharuskan untuk mencuci tangan di bagian outdoor.

“Setelah itu dilakukan pengecekan suhu tubuh, dan jika ada acara atau event di dalam hotel harus menggunakan masker,” jelas Katiandagho.

Dia mengatakan, hal yang sama juga dilakukan untuk karyawan hotel yang harus dipatuhi bersama seperti memakai face shield, hand glove serta menggunakan hand sanitizer apabila melayani tamu.

“Untuk kebersihan dapur restoran, kamar, dan juga ruang meeting kami menggunakan standard hotel bintang 5 dengan berbagai prosedur yang harus kita ikuti sesuai dengan protokol Covid-19,” ujarnya.

Penulis: Mikhael Labaro/detikmanado.com

Bagikan !