MANADO, ZONAUTARA.com – Polsek Pelabuhan Polresta Manado menerapkan protokol kesehatan kepada penumpang yang akan berangkat menuju wilayah kepulauan di Sulawesi Utara (Sulut), Kota Ternate, Maluku Utara.

Kapolsek Pelabuhan Manado, Ipda Nicky Pondalos, mengatakan bahwa melalui operasi Yustisi yang digelar di area Pelabuhan Manado, penerapan protokol kesehatan bagi para penumpang yang berangkat melalui jalur laut dilaksanakan sangat humanis.

“Setiap penumpang yang akan berangkat wajib menggunakan masker saat masuk dan menaiki kapal sebagai pencegahan penyebaran virus corona,” kata Nicky, Jumat (16/10/2020).

Menurutnya, banyak ditemukan penumpang dan pengantar yang tidak memakai masker, namum ditegur dengan baik dan diberikan sanksi sosial berupa push up dan bernyanyi.

“Namun setelah mereka menjalani sanksi kami berikan masker secara gratis, untuk digunakan di atas kapal dan saat tiba di lokasi tujuan,” kata Kapolsek Nicky.

Ditegaskannya, penumpang yang akan berangkat ke Kota Ternate dan Maluku Utara, wajib membawa dan menyertakan surat hasil Rapid Test sebagai syarat dalam perjalanan bahwa penumpang yang bersangkutan sehat dan bisa melakukan perjalanan ke luar daerah.

“Khusus penumpang yang akan masuk di kawasan pelabuhan, dilakukan pemeriksaan dan pengawasan secara ketat dan wajib menerapkan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” tegas Ipda Nicky.

Penulis : Ishak Kusrant




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id