Kapan sebenarnya Corona akan berakhir?

Kontributor: Zahra
Penulis Kontributor: Zahra
Ilustrasi. (Image : pexels.com)



ZONAUTARA.com – Dilansir dari akun Instagram satuantugascovid19 bahwa uji klinis yang dilakukan untuk calon vaksin sudah melalui tahap ketiga, dan berjalan dengan baik. Vaksin ini dikerjakan oleh PT Bio Farma.

Bio Farma sendiri merupakan perusahaan bioteknologi terdepan dan terbesar yang memproduksi vaksin. Bio Farma yang juga merupakan induk Holding BUMN Farmasi, yang memiliki tugas untuk pengadaan vaksin Covid-19, sebagai hasil kolaborasinya dengan Sinovac.

Vaksin untuk pengobatan virus corona SARS CoV-2 yang menjadi penyebab Covid-19 ini terus diupayakan di Indonesia. Percobaan ini oleh PT Bio Farma dilakukan di Bandung dan sudah mencapai uji klinis tahap III. Sampai pada tahap ini pengujian berjalan dengan baik dan belum ada laporan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serius akibat vaksin atau vaksinasi.

Jika pengujian terus berjalan lancar tanpa kendala sesuai rencana, uji klinis pada vaksin ini diperkirakan selesai pada Januari 2021 tahun depan. Uji klinis yang telah dilalui oleh vaksin ini di antaranya uji suntikan pertama yang dilakukan pada 1.319 relawan. Kedua, dilakukan suntikan kedua pada 656 relawan. Dan terakhir para relawan ditahap suntikan kedua, 244 diantaranya dalam tahap pengambilan darah pasca suntikan kedua.

Dari total pengujian yang dilakukan pada relawan-relawan tersebut, sampai sekarang belum ada laporan KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi yang diakibatkan vaksin atau vaksinasi ini.

Rencana selanjutnya setelah tahap ini adalah BPOM akan segera melakukan visit audit di Beijing. Hal ini bertujuan untuk memastikan fasilitas dan proses produksi vaksin memenuhi standart GMP (Good Manufacturing Practice), yaitu standar Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

Tahap visit audit di Beijing juga bertujuan untuk menjaga dan menjamin kualitas vaksin Covid-19 mulai dari bahan bakunya sampai pada tahap akhir vaksin ini akan digunakan.

Nah, per September 2020, vaksin ini sudah melalui tahap uji klinis 3 dan menunggu untuk dilanjutkan pada tahap berikutnya sesuai rencana. Kita doakan saja. Semoga rencana vaksin berjalan dengan lancar sehingga keadaan bisa berangsur membaik dan kembali normal.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com