bar-merah

Komitmen cegah penyebaran Covid-19 syarat pedagang tempati pasar kuliner

zonautara.com
Lokasi pasar kuliner di eks-RSUD Datoe Binangkang Kotamobagu.(Image: kroniktotabuan.com/Rensa Bambuena)

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Relokasi pedagang kuliner dari Jalan Kartini ke pasar kuliner di eks-RSUD Datoe Binangkang Kotamobagu perlahan akan dimulai.

Pemerintah Kota Kotamobagu menargetkan Desember 2020 mendatang seluruh pedagang sudah pindah ke lokasi yang baru. Proyek penyiapan bangunan dan lapak sudah berjalan 75 persen dan diperkirakan rampung November 2020.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kotamobagu, Herman Aray, menyebut tahap pertama 50 pedagang sudah pindah ke pasar kuliner tersebut.

Karena pandemi Covid-19 masih melanda dan penyebaran kasus positif virus ini masih ada di Kotamobagu, Herman mengungkapkan bahwa ada syarat tambahan yang harus dipenuhi pedagang.

“Sebelumnya ada syarat yaitu lapak tidak bisa diperjualbelikan, semua gerobak sama bentuk tidak menggunakan roda, dan warnanya harus sama semua. Nah, syarat itu kita tambah dengan kewajiban membuat komitmen turut serta dengan pemerintah melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya, Rabu (21/10/2020).

Herman menjelaskan, semua pedagang harus menjadi agen untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pengunjung.

“Pedagang harus mewajibkan pengunjung untuk menerapkan 3 M, yaitu Menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Termasuk jumlah maksimal dan jarak dalam tiap lapak akan diatur,” ucapnya.

Syarat tambahan dalam upaya pencegahan Covid-19, lanjut Herman, akan dituangkan dalam keputusan rapat bersama dengan walikota.

“Semua ketentuan akan kita sampaikan pada pertemuan itu,” katanya.

Agus Narto, salah satu pedagang yang akan pindah ke pasar kuliner, menyatakan siap mematuhi syarat penerapan protokol kesehatan selama berjualan. Ia juga berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan kehidupan normal lagi.

“Itu (protokol kesehatan) sudah jadi wajib, tanggung jawab kita semua di masa sekarang ini. Biar Covid-19 cepat hilang,” ucapnya.

Penulis: Rensa Bambuena/ kroniktotabuan.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com