bar-merah

Ini kata pakar Epidemiologi Unsrat soal kasus Covid-19 yang terus bertambah

zonautara.com
Pakar Epidemiologi Unsrat Prof Grace D Kandou.(Image: kabarpos.com/Erick Tambuwun)

MANADO, ZONAUTARA.com – Bertambahnya kasus Covid-19 di Sulawesi Utara (Sulut) ini menjadi perhatian serius banyak kalangan. Pakar Epidemiologi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Prof Grace D Kandou mengatakan, penerapan protokol kesehatan harus lebih ketat.

“Masyarakat jangan mengabaikan protokol kesehatan yang merupakan anjuran pemerintah, yakni menggunakan masker, rajin cuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga jarak,” ujarnya.

Menganalisa soal perkembangan Covid-19 di Sulut, Grace mengatakan, dengan bertambahnya kasus, masyarakat harus lebih waspada melaksanakan berbagai kegiatan.

“Harus waspada. Kegiatan dalam rangka Pilkada sudah dimulai, event duka maupun sukacita sudah berjalan seperti biasa. Masyarakat seringkali lengah, lalai, serta pandang enteng. Bahkan tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan kebiasaan pake masker semakin kendor,” ujarnya.

Mantan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unsrat ini menegaskan, dengan bertambahnya kasus setiap hari, perlu digiatkan kembali promosi kesehatan berupa komunikasi informasi dan edukasi tentang Covid-19 harus semakin gencar kapan saja dan di mana saja.

“Karena akhir-akhir ini masyarakat masih banyak yang salah kaprah atau mereka mengira bahwa virus corona sepertinya sudah usai,” sambungnya.

Tak hanya itu, Mantan Ketua Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Unsrat ini menilai, dikarenakan fasilitas umum semuanya sudah dibuka seperti biasa sehingga ada yang menganggap sudah aman dari Covid-19.

“Padahal realitanya tidak seperti itu. Angka Covid-19 masih terus meningkat. Meskipun memang di Sulut seakan-akan sudah agak menurun. Pemerintah harus segera antisipasi. Jangan nanti sudah semakin parah baru bertindak,” tegasnya.

Penulis: Erick Tambuwun/kabarpos.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com