bar-merah

Cerita pedagang pasar Bersehati Manado yang tetap berjualan di masa pandemi Covid-19

zonautara.com
Khalid Haluti tetap berjualan di pasar Bersehati Manado meski berpotensi terpapar Covid-19.(Foto: detikmanado.com/Mikhael Labaro)

MANADO, ZONAUTARA.com – Tak ada pilihan lain bagi Khalid Haluti selain tetap berdagang di Pasar Bersehati Manado, meski berpotensi terpapar Covid-19. Saat kondisi pasar kembali bergairah, masa-masa sulit itupun perlahan pergi.

“Di awal virus ini memang pendapatan saya menurun sekali tetapi sekarang sudah bagus,” ujar Khalid, Senin (26/10/2020).

Walaupun sudah mulai beraktivitas seperti biasa kembali, Haluti menuturkan dirinya tetap memperhatikan protokol kesehatan. Menggunakan masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer wajib ia lakukan.

“Kami pedagang sangat rentan untuk tertular virus Covid-19, untuk saya juga tetap menjaga kesehatan,” jelasnya.

Walaupun di tengah pandemi ini, dia bersama pedagang lainnya di Pasar Bersehati terus berjuang untuk bertahan hidup di masa-masa sulit ini.

“Saya mulai berdagang dari pukul 03.00 Wita hingga pukul 20.00 Wita dan itu cukup buat keluarga kami,” tuturnya.

Pria paruh baya ini asal Provinsi Gorontalo yang sudah lama menetap di Kota Manado ini, berharap Indonesia segera keluar dari pandemi Covid-19 yang begitu menyusahkan masyarakat di segala aspek.

“Semoga pandemi ini cepat berlalu dan mari kita semua disiplin dalam menjaga kesehatan,” tandas Khalid.

Penerapan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Pasar tradisional merupakan salah satu lokasi yang berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19. Pasalnya, sering terjadi penumpukan orang yang akan berbelanja sehingga bisa mengakibatkan penularan Covid-19.

Di pasar Bersehati Manado, penerapan standar protokol Covid-19 diberlakukan kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas jual beli di sana.

“Di sini ada 6 tempat disediakan untuk mencuci tangan yang diletakkan di beberapa pintu masuk sebelum memasuki pasar ini,” ujar Koordinator Pasar Bersehati Pommy Karim, Senin (26/10/2020).

Selain itu, PD Pasar juga setiap pagi sebelum melakukan penertiban kontrol lapangan, selalu mengimbau kepada penjual maupun pembeli untuk tetap menerapkan disiplin kesehatan.

“Bahkan kita pun sebagai karyawan tetap harus mengikuti protokol Covid-19 dengan cara memakai masker, mencuci tangan, dan social distancing,” ujarnya.

Penulis: Mikhael Labaro/detikmanado.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com