Pengobatan alternatif untuk Luka Bakar derajat II menggunakan tanaman Binahong

Penulis Tamu
Penulis Penulis Tamu



Menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia luka bakar merupakan kerusakan kulit tubuh yang disebabkan oleh trauma panas atau trauma dingin. Penyebabnya adalah api, air panas, listrik, kimia, radiasi, dan trauma dingin (frost bite).

Derajat luka bakar (Rahayuningsi, 2017):

  • Derajat I atau luka bakar ringan: kulit tampak kemerahan, sedikit odem atau bengkak dan terasa nyeri
  • Derajat II : memiliki kemiripan dengan derajat l namun di sertai dengan timbulnya bula atau melepuh
  • Derajat III : daerah luka tampak berwarna putih, kulit hancur, sedikit nyeri karna kerusakan saraf dan biasanya tidak melepuh.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat terkena luka bakar (Stenley M. Zildo, 2017) :

  1. Siram bagian luka yang terbakar dengan air yang mengalir (air mineral atau air minum) lakukan sampai rasa sakit berkurang.
  2. Singkirkan baju, perhiasan dan benda benda yang membuat efek torniket atau mengikat, karena jaringan yang terkena luka bakar akan menjadi edema atau bengkak.
  3. Jangan memberikan kompres dengan air dingin atau air es karena dapat menyebabkan luka yang lebih dalam.
  4. Keringkan luka menggunakan handuk bersih atau bahan lain yang lembut, jangan gunakan bahan yang mudah rontok seperti kapas.
  5. Tutup luka bakar dengan kain perban steril untuk mencegah infeksi
  6. Jangan sekali kali mengolesi dengan pasta gigi karena mengandung mint yang dapat mengakibatkan bertambahnya pelepuhan di area luka bakar.
  7. Jangan mengempiskan luka yang melepuh dan jangan mengoleskan bahan bahan lain tanpa sepengetahuan dokter (contohnya minyak).

Pengobatan Alternatif

Di Indonesia telah berkembang pengobatan alternatif yang memanfaatkan tanaman yang di yakini memiliki khasiat sebagai obat. Salah satu tanaman yang bermanfaat untuk menyembuhkan luka bakar yaitu tanaman Binahong.

Tanaman binahong adalah tanaman obat potensial yang dapat mengatasi berbagai penyakit termasuk luka bakar. Tanaman ini berasal dari cina dengan nama asalnya Dheng Shan Chi.

Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang merambat, bagian tanaman binahong yang digunakan sebagai obat adalah daunnya. Daun binahong mengandung Asam Askorbat yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka, yang memiliki khasiat anti inflamasi dan bisa mengurangi rasa nyeri pada luka bakar; Saponin mempunyai kemampuan sebagai pembersih dan mampu memicu pembentukan kolagen l berperan dalam penyembuhan luka; dan Flavanoid yaitu untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Cara mengaplikasikan daun Binahong pada luka bakar:

  1. Ambil daun binahong secukupnya
  2. Cuci bersih daun binahong
  3. Hancurkan daun binahong atau tumbuk tumbuk
  4. Tempelkan daun binahong yang sudah di hancurkan di area luka bakar
  5. Biarkan beberapa saat kemudian di bersihkan kembali dengan menggunakan air mengalir (air mineral atau air minum)
  6. Lakukan pengobatan ini sampai luka bakar benar benar sembuh.

Kesimpulan

Luka bakar merupakan kerusakan pada kulit yang di akibatkan oleh api, cairan panas, listrik, bahan kimia dan sinar matahari. Rusaknya kulit akibat luka bakar mengakibatkan rentan terkena infeksi, karena kulit merupakan lapisan pertahanan awal tubuh untuk melawan infeksi. Oleh karena itu penanganan perlu cepat dilakukan.

Penanganan alternatif yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan daun binahong. Daun ini berkhasiat dapat menyembuhkan luka bakar karna mengandung asam askorbat yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka, asam oleonolik yang memiliki khasiat anti inflamasi dan bisa mengurangi rasa nyeri pada luka bakar, dan saponin mempunyai kemampuan sebagai pembersih dan mampu memicu pembentukan kolagen l berperan dalam penyembuhan luka, Flavanoid yaitu untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Referensi

Penulis: Injilia Widny Pai


zonautara.com
Penulis adalah mahasiswa Jurusan keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com