bar-merah

Turki dan Yunani diguncang gempa 7,0 skala Richter, banyak bangunan di Izmir hancur

zonautara.com
Puing-puing bangunan yang runtuh di Izmir, Turki, setelah gempa bumi mengguncang pantai Laut Aegea negara itu pada hari Jumat.(Image: Mehmet Emin Menguarslan / Anadolu Agency melalui Getty Images)

ZONAUTARA.com – Sedikitnya 14 orang tewas dan lebih dari 400 lainnya terluka ketika gempa berkekuatan 7,0 skala Richter melanda Turki dan negara tetangga Yunani pada hari Jumat (30/10/2020). Banyak bangunan runtuh akibat peristiwa ini.

Dalam laporan nbcnews.com, daerah yang turut terdampak adalah Kota Izmir di pesisir Turki setelah Istanbul dan ibu kota, Ankara. Dua belas orang tewas di Turki, termasuk satu yang tenggelam, dan 419 lainnya luka-luka, menurut Presidensi Manajemen Bencana dan Darurat Turki, atau AFAD.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan lebih dari 438 orang terluka dan operasi penyelamatan berlanjut di 17 gedung.

Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengatakan melalui tweeter bahwa hampir 40 ambulans, 35 tim penyelamat darurat dan dua helikopter ambulans ada di tempat kejadian.

“Kami bersama orang-orang Izmir,” ujarnya.

Di Samos, sebuah pulau Yunani, dua remaja tewas setelah tertimpa tembok yang runtuh, menurut The Associated Press. Sedikitnya 19 orang terluka di Samos, termasuk seorang anak berusia 14 tahun, diterbangkan ke Athena dan tujuh dirawat di pulau itu.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengungkapkan belasungkawanya.

“Kata-kata tidak cukup untuk menggambarkan bagaimana perasaan seseorang kehilangan anak,” katanya.

Gelombang pasang tinggi terlihat di kedua negara dan menyebabkan banjir di beberapa bagian pantai Izmir. Video yang diposting Anadolu Agency yang dikelola pemerintah Turki menunjukkan air mengalir melalui jalan-jalan di provinsi Izmir membawa serta perabotan rumah tangga.

Walikota Seferihisar, Ismail Yetisken, mengatakan bahwa tak lama setelah gempa, permukaan laut naik dan air memindahkan mobil, furnitur, dan apapun yang ada di jalan atau trotoar.

Kementerian Dalam Negeri Turki mengatakan bahwa tim pencarian, penyelamatan dan pertolongan pertama segera dikirim ke wilayah itu. Palang Merah Turki mengatakan tim bencana juga telah mengambil tindakan setelah gempa.

Survei Geologi AS mengatakan pusat gempa berada 33,5 km (20,8 mil) di lepas pantai Turki dan kedalaman 10 km (6,2 mil).



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com