Antusias Jemaat GMIM Genesaret Bitung ibadah di masa pandemi Covid-19

  • Share
zonautara.com
Foto bersama usai ibadah KPDP dan Ibu-ibu Hana di dalam gedung GMIM Genesaret Pateten Bitung.(Image: beritakawanua.com)

BITUNG, ZONAUTARA.com – Jemaat Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) Genesaret, Pateten, Wilayah Bitung 12, tetap bersemangat beribadah meski masih dalam masa pandemi Covid-19. Seperti umumnya jemaat GMIM lainnya di Kota Bitung, pelaksanaan ibadah telah dimulai sejak diberlakukannya new normal.

Menurut Ketua Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) GMIM Genesaret Pateten, pdt Maydie L Suoth STh, protokoler pelayanan tetap patuh pada protokol kesehatan.

“Bukan di gereja saja, tapi pelayanan di ibadah kolom pun tetap dengan mengutamakan protokol kesehatan,” ujarnya melalui layananan mesengger, Rabu (28/10/2020).

Protokol kesehatan yang dijalankan, lanjutnya, berdasarkan panduan bersama baik dari Gugus Tugas Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, juga berdasarkan edaran Badan Pekerja Majelis Sinode (BPMS) GMIM.

Kegiatan ibadah jemaat 13 kolom ini berjalan dengan rutin di gedung gereja, berlangsung dalam tiga sesi ibadah. Ibadah fajar pada pukul 05.00 WITA, kemudian pagi pukul 09.00 WITA serta sore/malam pada pukul 18.00 WITA.

Baca Pula:  Update kasus Covid-19 per 5 September: bertambah 5.403 kasus

Memang sebelumnya, saat Covid-19 mulai masuk di Sulut, kegiatan peribadatan di gereja terpaksa dihentikan tapi dilakukan secara dalam jaringan (daring). Setelah ada edaran bisa beribadah dari pemerintah dan BPMS GMIM kala memasuki masa new normal, itu disambut gembira oleh jemaat.

“Jemaat begitu antusias mengikuti berbagai kegiatan baik secara virtual maupun pertemuan langsung yang didesain BPMJ maupun Panitia Hari Besar Gereja dengan mengedepankan protokol kesehatan tentunya,” terang Pdt Maydie.

Tanggung jawab sentralisasi ke Wilayah maupun Sinode tetap tercover saban bulan.

“Semua untuk kemuliaan Tuhan, jika memang kita mau dan bekerjasama maka pasti berkat mengalir, tetap sabar dan memohon tuntunan Tuhan, maka niscaya pati terbuka jalan,’’ ungkapnya.

Pendeta yang telah dua tahun sebagai ketua BPMJ dan membawa banyak perkembangan di jemaat GMIM Genesaret Pateten ini menyebut, saat ini tengah dirancang pembangunan kanopi di halaman gereja yang nantinya akan digunakan untuk lokasi alternatif pelaksanaan ibadah Natal kolom dan BIPRA.

Baca Pula:  Pemkot Bitung ambil langkah penting hadapi status zona merah Covid-19

“Kanopi ini selain melengkapi sarana pelayanan, juga untuk menampung jemaat agar bisa beribadah dengan tetap menjaga jarak. Jemaat juga diharuskan untuk menggunakan masker saat beribadah,” bebernya.

Sementara Ketua Panitia Pembangunan kanopi GMIM Genesaret Pateten, Denny Mewengkang mengatakan kegiatan pembangunan tetap berkordinasi dengan BPMJ dan mendapat support penuh anggota jemaat maupun Pelsus. Pembangunan dirancang semaksimal mungkin tetap aman dan mematuhi protokoler.

“’Bersyukur tetap bisa merespons tanggung jawab yang ada dan jemaat juga memiliki animo meski semua tetap patuh pada protap yang dianjurkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona ini,’’ sebut Denny Mewengkang.

Penulis: Asrar Yusuf



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com