Apotek My Life Farma Manado maksimalkan layanan WhatsApp

Media Sindikasi
Penulis Media Sindikasi
Sekat plastik bening di bagian penerimaan obat dan kasir untuk mencegah terjadinya kontak langsung antara petugas apotek dan pembeli.(Foto: beritakawanua.com/Acha)



MANADO, ZONAUTARA.com – New Normal secara umum didefinisikan sebagai tatanan kehidupan baru yang mampu beradaptasi dengan Covid-19. Masyarakat bisa beraktivitas lagi namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Pembatasan keluar rumah (social distancing), menjaga jarak 1 meter (physical distancing) memang cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus corona baru (Covid). Begitu juga dengan penggunaan masker, sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

Namun bagaimana dengan masyarakat atau warga yang menderita penyakit dan membutuhkan obat dan harus membeli tanpa harus keluar rumah?

Apotek My Life Farma Manado di Jalan Diponegoro Nomor 100, Kelurahan Mahakeret Barat, Kecamatan Wenang, Kota Manado, solusinya. Apotek ini menyediakan layanan online, meski sebatas pembelian melalui aplikasi WhatsApp (WA).

Caranya, pembeli memberitahukan obat yang mau dibeli melalui WA di nomor 0823-4817-5568. Biasanya untuk pembelian secara online ini adalah obat bebas yang tanpa menggunakan resep dari dokter serta belanja alat-alat kesehatan.

Admin apotek kemudian akan menghitung total harga dan menginfokan kembali ke pembeli. Setelah itu dilakukan pembayaran melalui bank transfer.

“Setelah itu obat akan dikirim. Bisa lewat Go Shop, layanan Gojek, dan bisa juga lewat Grab Nalangin, layanan Grab Express,” ujar Lidya Junita Montol, apoteker di Apotek My Life Farma Manado, Jumat (30/10/2020).

Dengan sistem ini, menurutnya, telah mengurangi kontak langsung antara petugas apotek dengan pembeli. Meski begitu, pembelian obat secara manual ke apotek dilayani terutama yang menggunakan resep dokter. Ini diharuskan untuk membuktikan benar ada fisik resep yang diberikan oleh dokter.

Dalam penerapan protokol kesehatan, Apotek My Life Farma Manado mewajibkan pembeli yang dating untuk menggunakan masker.

“Kalau tidak menggunakan masker tidak akan dilayani,” kata Lidya.

Apotek My Life Farma Manado juga telah membuat sekat dari plastik bening di bagian penerimaan obat dan kasir. Pembeli yang akan melakukan pembayaran tinggal meletakkan uangnya di wadah yang disediakan.

“Tapi pembeli disuruh menggunakan hand sanitizer yang kami sediakan untuk sterilisasi. Sebelum membayar dan sesudah membayar,” jelas Lidya.

Sediakan Masker Medis Berwarna

Penggunaan masker telah menjadi hal yang wajib di masa pandemi Covid-19. Sedangkan masker yang beredar di tengah masyarakat terdiri dari berbagai macam jenis. Yang paling banyak digunakan adalah masker scuba dan buff karena terlihat lebih gaul.

Namun, pemerintah kemudian menganjurkan untuk tidak menggunakan kedua masker tersebut karena tidak efektif dalam mencegah penularan virus corona. Yang dianjurkan adalah masker kain yang bagus adalah masker berbahan katun dan 3 lapis dan masker medis.

Tapi, selama ini masyarakat hanya mengenal masker medis dengan dua atau tiga warna saja yaitu hijau, biru dan abu-abu.

Nah, jika anda ingin terlihat gaul dengan masker medis, Apotek My Life Farma Manado juga menyediakannya dalam 13 warna. 13 warna yang tersedia adalah putih, abu-abu, cokelat, merah, magenta, merah muda, ungu, jingga, kuning, biru, hijau muda, hijau tua dan hitam.

“Ya, ada masker berwana di apotek kami dengan merek Evo plusmed Surgical Face Mask,” kata Lidya.

“Maskernya efektif mencegah penularan virus corona, tapi tetap terlihat gaul karena ada pilihan warnanya,” pungkasnya.

Penulis: Asrar Yusuf



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com