ZONAUTARA.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mengakui kemenangan rivalnya Joe Biden, setelah Kongres AS mengesahkan secara resmi hasil Pilpres AS.

Dalam sidang yang dipimpin Wakil Presiden AS Mike Pence, Biden diresmikan sebagai Presiden AS yang akan menggantikan Trump.

“Fokus saya sekarang beralih ke memastikan transisi kekuatan yang mulus, teratur, dan tanpa hambatan. Momen ini membutuhkan penyembuhan dan rekonsiliasi. Tahun 2020 telah menjadi waktu yang menantang bagi karyawan kami”, kata Trump.

Trump bahkan mengutuk tindakan anarkis pendukungnya yang menduduki Gedung Kongres Captiol Hall, sewaktu memprotes sidang penetapan pemenang Pilpres.

Trump menyampaikan komitmennya tak lama setelah Kongres AS mengesahkan suara Electoral College untuk Biden. Meski demikian, Trump tetap menilai kesalahan dari hasil akhir penghitungan suara harus terus dibuktikan.

“Kita harus melanjutkan bisnis Amerika. Kampanye saya dengan giat mengejar setiap jalur hukum untuk memperebutkan hasil pemilu. Satu-satunya tujuan saya adalah memastikan integritas suara. Dengan melakukan itu, saya berjuang untuk mempertahankan demokrasi Amerika”, tandas Trump.

Bagikan !