bar-merah

Bisnis limbah sabut kelapa di tengah pandemi Covid-19

zonautara.com
Pot bunga dari limbah serabut kelapa yang diolah Wulandari.(Foto: teropongbmr.com/Miranty Manangin)

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Meski kasus Covid-19 masih tetap ada, namun tidak membuat masyarakat patah arang untuk tetap bertahan di tengah pandemi korona.

Seperti yang dilakukan Walandari, warga Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu, yang memanfaatkan limbah sabut kelapa menjadi pot bunga.

Walandari yang hanya bermodalkan pengetahuan yang dipelajarinya dari internet berhasil membuat pot bunga dari serabut kelapa, yang akhirnya mendatangkan potensi ekonomi meski di tengah terpaan pandemi Covid-19.

“Awalnya, saya memang belajar dari youtube untuk membuat pot bunga dari serabut kelapa ini. Biasanya, pertama belajar tentu ada saja kesalahan, sehingga saya sempat rugi waktu pertama membuat pot tersebut,” ungkap Wulandari, Kamis (12/11/2020).

Wulandari melihat banyaknya kulit kelapa yang jadi limbah membuat ia tertarik dan diolah menjadi nilai tambah.

“Saya kemudian mencoba berekpresimen. Dari situ, Alhamdulillah ternyata banyak yang memesan pot bunga dari serabut kelapa buatan saya,” katanya.

Menariknya, pot bunga dari serabut kelapa buatan Wulandari tidak hanya diminati warga Kotamobagu. Ada juga beberapa warga di luar Kotamobagu yang ikut memesan pot bunga yang dibuat sendiri.

“Sistem pemasarannya lewat media sosial seperti facebook. Alhamdulilllah, banyak pemesan, bahkan hingga dari luar Kotamobagu. Untuk yang ingin memesan pun bisa menghubungi nomor whatsapp di 0813-5027-4990,” tuturnya.

Sementara, harga pot bunga yang dibuat Wulandari bervariatif tergantung dari besaran pot bunga yang diminta oleh konsumen.

“Untuk harganya ada yang Rp10 ribu sampai dengan Rp500 ribu, tergantung selera pembeli atau pemesan,” tandasnya.

Penulis: Ishak Kusrant/teropongbmr.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com