ZONAUTARA.com – Walaupun sebelumnya dalam hal perilisan sempat tertunda, namun film produksi perusahaan Walt Disney Picture ini akhirnya dapat ditayangkan tepat pada 4 September 2020.

Karakteristik film produksi Disney yaitu Mulan ini, ternyata didapati membawa sebuah pesan mendalam dan penuh inspirasi khususnya bagi pemberdayaan dan kebebasan untuk setiap perempuan.

Mulan yang diperankan oleh aktris Liu Yifei, mempertontonkan bagaimana situasi yang ia hadapi, saat harus berada pada keadaan di mana dirinya sebagai perempuan dilarang untuk ikut berperan membela bangsanya.

Mulan adalah seorang perempuan yang sadar akan kemampuan dan kelebihan dalam dirinya

Lewat film yang ditayangkan ini, kala itu di negeri Tiongkok aturan yang ada sangat melarang perempuan untuk ikut terlibat dalam pertempuran melindungi negara.

Hal ini membuat Mulan akhirnya mengalami pergolakan besar dalam dirinya, sebuah pilihan untuk menerima aturan yang ada atau menolaknya.

Lewat cuplikan kata dalam film, Mulan sempat mengatakan bahwa sebuah kehormatan baginya ketika bisa melindungi keluarga dan bangsanya. Mulan pun memutuskan untuk ikut bergabung dalam pertempuran itu. Walau harus melalui cara dengan menyamar sebagai lelaki.

Mulan dapat membuktikan ia bisa dan berhasil melalui kemenangan yang ada

Walau identitas Mulan harus terbongkar, sebagai seorang perempuan dan sempat hampir dijatuhi hukuman. Tapi melihat bagaimana peran besar yang ia miliki dalam menentukan kemenangan dari pertempuran ini, membuat Mulan pun mendapat kesempatan untuk tetap membuktikan keberadaan dirinya tanpa harus disembunyikan kembali.

Setia, berani dan jujur merupakan prinsip hidup dari seorang Mulan

Bagi Mulan tidak ada sesuatu yang lebih mahal dan paling prinsip di hidup ini selain menjalani ketiga hal yang ada setia, berani dan jujur.

Sebuah pembuktian dan inspirasi yang diberikan dari sosok Mulan kepada banyak wanita di luar sana, yang mungkin sedang dalam situasi ini.

Tidak hanya diam dan terbawa arus, tapi siapapun dari kita bisa belajar bahwa, untuk bisa merasakan kebebasan dan menjalani hidup sesuai prinsip haruslah berani untuk berkorban, dan melakukannya dengan benar dan demi kebaikan.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id