bar-merah

Wakil Dubes Belanda di Indonesia, Ardi Stoios-Braken: Digital humanities membuka pintu keterbukaan informasi dan hak atas informasi

zonautara.com
Duta Besar Belanda di Indonesia, Ardi Stoios-Braken. (Image: Zonautara/ Rahadih Gedoan)

ZONAUTARA.com – Dalam pidato pembukaannya, Wakil Duta Besar Belanda di Indonesia Ardi Stoios-Braken mengatakan, tidak berlebihan jika kita mengatakan bahwa platform digital humanities ini membuka pintu keterbukaan informasi dan hak atas informasi yang berimbang.

Platform ini tidak hanya memberi manfaat bagi publik yang menjadi lebih bisa mengakses data secara mudah, tapi juga dapat mendukung proses pengambilan keputusan dengan menyediakan data yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan, dan dalam format yang mudah dibaca dan dipahami,” kata Ardi Stoios-Braken menambahkan.

AMSI dan Kedutaan Belanda berharap melalui proyek digital humanities dapat menghubungkan berbagai praktisi data dan informasi, serta menciptakan lingkungan kolaboratif di antaranya dalam menyajikan data humaniora agar tersedia untuk umum.

Proyek ini sekaligus menjembatani para pemilik data seperti organisasi nirlaba, praktisi analis data seperti kalangan kampus dan mahasiswa, serta outlet penyaji data seperti media online.

Kompetisi perdana ini diikuti 33 tim (95 orang) dari unsur media, NGO, kampus hingga lembaga pemerintah. Peserta berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Sumatera Barat, Jawa Timur, hingga Sulawesi Tenggara.

Peserta nantinya akan mengikuti workshop pembekalan, online coaching dan pitching ide pada 16 November- 5 Desember 2020. Prototype peserta dapat dilihat pada 8 Desember 2020 di https://independen.id/hackathon.

Sedangkan pengumuman pemenang akan diselenggarakan saat World Press Freedom Conference, yang tahun ini diselenggarakan Pemerintah Belanda.

AMSI dan Kedutaan Belanda akan menyelenggarakan Webinar #3 Digital Humanities sebagai side event World Press Freedom Conference pada 10 Desember 2020 sekaligus mengumumkan 5 tim terpilih sebagai pemenang.

Lima pemenang akan mendapatkan hibah total 25 juta rupiah dan pendampingan khusus dari ahli untuk pengembangan prototype.

Seluruh sesi Hackathon akan disiarkan secara live di Youtube Asosiasi Media Siber Indonesia dan rekaman video akan ditayangkan kembali di Youtube Dutch Embassy Indonesia.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com