Yoghurt biasa atau greek yoghurt, mana pilihanmu?

3 mins read
Ilustrasi yoghurt (image: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Yoghurt adalah produk susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. Produksi modern saat ini didominasi susu sapi.

Sejak zaman dulu yoghurt sudah dikenal sebagai salah satu kuliner yang menyehatkan tubuh manusia. Kuliner yang dihasilkan dari hasil fermentasi susu sapi ini dapat ditemukan dengan mudah di mana saja.

Bahkan, saat ini pun rasa yogurt yang dijual di pasar sudah memiliki beragam varian. Mudahnya yogurt ini dicampur dengan kuliner lain membuatnya disukai banyak orang.

Namun, belakang muncul varian yoghurt yaitu greek yogurt. Salah satu turunan yogurt ini justru ketenarannya menyaingi yogurt.

Greek yogurt adalah satu dari beberapa jenis pilihan yogurt yang bisa dengan mudah Anda temui di pasar swalayan. Berbeda dengan yogurt jenis lainnya, greek yogurt hadir dengan tekstur kental, tapi tetap lunak sehingga aman dimakan untuk semua usia.

Yoghurt biasa dan greek yoghurt memang sama-sama produk olahan susu melalui fermentasi bakteri. Namun ada beberapa perbedaan diantara keduanya.

  1. Perbedaan kandungan susu

Jika produk yoghurt biasa hanya membutuhkan susu sekitar satu gelas saja dalam proses pembuatannya, maka produk greek yoghurt akan membutuhkan empat gelas susu. Artinya kandungan susu dalam komposisi dari dua yoghurt ini berbeda, yaitu sekitar 1:4 per takaran.

2. Perbedaan kandungan lemak

Kandungan susu yang lebih tinggi pastinya juga berpengaruh pada kandungan lemak dalam produk greek yoghurt. Produk greek yoghurt memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan produk yoghurt biasa.

3. Perbedaan kandungan protein

Sama halnya dengan kandungan lemak yang lebih tinggi, komposisi susu yang lebih tinggi pada greek yoghurt juga membuat kandungan protein dan kalsium di dalamnya menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan produk yoghurt biasa.

4. Perbedaan kandungan karbohidrat dan gula

Jika kandungan lemak dan protein pada greek yoghurt lebih tinggi dibanding produk yoghurt biasa, maka hal ini berlaku sebaliknya pada kandungan karbohidrat dalam dua produk yoghurt ini.

Umumnya produk yoghurt biasa memiliki kandungan karbohidrat 15 hingga 17 gram dalam tiap takaran. Sedangkan greek yoghurt hanya mengandung 5 sampai 9 gram karbohidrat saja.

5. Proses penyaringan

Greek yoghurt melewati proses penyaringan sebanyak tiga kali dalam proses pembuatannya. Sedangkan produk yoghurt biasa hanya melewati dua tahap penyaringan.

6. Tektur

Greek yoghurt memiliki tekstur yang lebih kental dan creamy dibandingkan dengan produk yoghurt biasa.

Nah sudah paham kan perbedaan dari kedua jenis yoghurt ini. Yang mana yang akan jadi pilihan?

Sebenarnya greek yogurt tidak jauh berbeda dengan yogurt biasa, hanya teksturnya lebih kental. Greek yogurt juga mengandung protein dua kali lebih banyak.

Namun, memang kalori dan lemak yang dikandung greek yogurt lebih banyak dan kandungan kalsiumnya lebih sedikit daripada yogurt biasa. Karena itu, greek yogurt bagus untuk Anda yang sedang mengalami infeksi karena penyakit tertentu. Protein dan kalori sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi.

Jadi, yoghurt mana yang jadi pilihan tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera.

Bagikan !

Latest from Blog

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com