ZONAUTARA.com – Pesepakbola Lionel Messi kembali menorehkan catatan manis dalam perjalanan karirnya di sepakbola, usai dia mencetak gol ke gawang Valencia dalam pertandingan di Camp Nou, Sabtu (19/12/2020) saat pekan ke-14 Liga Spanyol.

Pertandingan itu Barcelona-Valencia itu sendiri berakhir seri 2-2. Gol Messi yang bersejarah itu tercipta di masa injury time babak pertama.

Penyerang Argentina itu ditugaskan mengeksekusi penalti. Tendangannya sempat ditepis kiper Valencia. Namun bola muntahan kembali dikuasai pemain Barcelona, yang meneruskannya ke Messi.

Striker berusia 33 tahun itu kemudian membuat gol ke gawang Valencia, yang membuat catatan gol Messi hanya untuk klub Barcelona mencapai 643 gol.

Jumlah itu menjadi yang terbanyak dilesakkan pemain untuk satu klub, dan sama seperti torehan Pele.

Sebelumnya, Pele bisa membuat 643 gol hanya untuk satu klub, yakni Santos. Setelah 46 tahun bertahan, rekor itu disamai Messi, bahkan berpeluang dipatahkan.

Messi sendiri hanya butuh 17 musim melakukannya, lebih cepat dari Pele. Sebab, legenda Brasil itu menorehkan rekornya dalam waktu 18 tahun.

Sukses Messi membuat 643 gol juga untuk Barcelona membuat Pele memberinya ucapan selamat. Legenda Timnas Brasil itu senang catatannya bisa disamai.

“Seperti anda, saya tahu bagaimana rasanya senang mengenakan jersey yang sama setiap hari. Seperti anda, saya tahu tak ada tempat yang lebih baik dari di rumah,” kata Pele, di media sosialnya.

“Selamat atas rekor bersejarahnya, Lionel. Tapi yang terpenting, selamat atas karier indah anda di Barcelona,” jelasnya.

“Cerita seperti kita, yang mencintai satu klub untuk waktu yang lama, amat disayangkan akan sangat jarang di sepakbola. Saya mengagumimu setiap hari, Messi,” tulis Pele.

Bagikan !