Begini cara hadapi rekan kerja yang manipulatif

3 mins read
Kerja
ilustrasi (image: unsplash.com)

ZONAUTARA.com – Terjun di dunia kerja membuat kita harus berhadapan dengan berbagai macam manusia dan karakternya. Kadangkala ada yang sangat menyenangkan sebagai teman, tapi ada juga yang toxic abis yang bikin nggak betah dekat-dekat.

Salah satu manusia toxic yang bisa kita jumpai di dunia kerja adalah rekan kerja yang manipulatif. Nggak susah-susah amat untuk mengenali rekan kerja yang seperti ini.

Orang manipulatif biasanya memiliki kebiasaan lebih mudah merendahkan orang lain, dan disaat bersamaan mereka akan membuat diri mereka terlihat baik. Rekan kerja yang manipultif seperti ini biasanya membuat kita susah menghadapi mereka.

Nah, begini cara menghadapi rekan kerja yang manipulatif.

1. Tunjukkan rasa percaya diri saat menghadapi mereka

Tujuan dari orang manipulatif adalah mengontrol kita. Mereka akan mencoba membuatmu takut, sedih, atau bahkan minder terhadap dirimu sehingga mudah dimanipulasi.

Baca Pula:  Pentingnya menjadi volunteer bagi anak muda

Satu-satunya cara menghadapi mereka adalah tunjukkan rasa percaya dirimu. Misal, saat mereka merendahkanmu meskipun hanya dalam bentuk candaan, katakan pada mereka bahwa kamu menolak penilaian yang mereka berikan.

Dengan mengambil kontrol atas emosimu, akan membuatmu semakin susah menjadi mangsa untuk dimanipulasi.

2. Interaksi seminimal mungkin dengan mereka

Sebisa mungkin hindari mereka, jaga agar kamu berinteraksi dengan mereka hanya pada saat kamu benar-benar butuh. Hal ini untuk menjaga energimu tidak terbuang sia-sia hanya untuk menghadapi rekan yang manipulatif.

3. Meski mereka mulai emosi, kamu harus berusaha tetap tenang

Saat seseorang yang manipulatif sedang emosi, mereka biasanya akan mencari mangsa untuk dikambing hitamkan. Jika kamu jadi sasaran, tetap tenang ya. Meski sudah di ubun-ubun, menahannya sebisa mungkin adalah pilihan terbaik. Jika kamu ikutan emosi, hanya akan membuat rekan toxic-mu ini semakin menjadi.

Baca Pula:  Harapan untuk orang tua, dari diriku yang sedang berjuang saat ini

4. Pujiannya hanya bualan. Jangan termakan!

Rekan yang manipulatif nggak hanya memanipulasi emosimu dengan memancing perasaan negatif. Menyanjung untuk membuatmu besar kepala juga sering dilakukan. Saat kamu mulai tersanjung akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk mulai mengontrolmu.

5. Ingat bahwa kamu bukanlah sumber masalahnya

Saat si manipulator berulah, mereka akan berusaha membuatmu meresa kecil, tak berdaya, bahkan tak berharga. Tapi ingatlah itu tidak benar. Anggap saja apapun yang dikatakannya adalah cerminan dirinya sendiri.

Itulah cara menhadapi rekan kerja yang manipulatif. Tetap tenang dan hadapi tanpa harus melibatkan emosimu.

Kalau kamu tetap tenang dan bisa mengontrol pikiranmu tetap positif dan logis, maka tidak ada celah bagimu untuk menjadi mangsa si rekan toxic.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com