ZONAUTARA.com – Selamat datang tahun 2021. Kita sudah di penghujung tahun 2020, tahun yang penuh dengan hal yang mengejutkan dan tak terduga.

Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam sepanjang tahun 2020, termasuk dalam soal pekerjaan dan karir.

Bagi Anda yang masih bekerja dan tidak mengalami PHK (pemutusan hubungan kerja), mesti bersyukur karena tidak kehilangan pekerjaan.

Bagi yang mengalami PHK, tetap sabar karena bisa jadi, tahun 2021 akan memberikan situasi dan kondisi yang lebih baik sehingga Anda dapat kembali bekerja.

Untuk Anda yang ingin mempertahankan kerja dan karir di tahun 2021, sebaiknya lakukan 5 hal ini:

Tingkatkan skil

Ini adalah kunci utama untuk terus dapat bersaing. Dengan meningkatkan skill tanpa henti, Anda akan terus dilirik dan dipertahankan dalam posisi Anda.

Tingkatkan pula soft kill, seperti kemampuan berpikir kreatif, berkomunikasi, berpikir kritis, kepemimpinan, kemampuan bekerja dalam tim, hingga etika dalam bekerja.

Berlatih empat

Empati menjadi salah satu kemampuan yang cukup penting, tapi kerap kali diabaikan. Padahal, sejumlah pemimpin sukses dunia menempatkan empati sebagai salah satu kemampuan mereka, seperti Simon Sinek, Oprah Winfrey, dan Gary Vaynerchuk.

Agar bisa lebih berempati, coba untuk mengubah pola pikir dengan mengutamakan orang lain. Pandang orang lain sebagai sesama manusia daripada hanya sebagai sarana yang membantu untuk menyelesaikan tugas atau mencapai tujuan. Cobalah untuk lebih banyak mendengarkan orang lain dan lebih sedikit berbicara

Lebih sadar dengan diri sendiri

Seseorang yang sadar akan dirinya memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan, kelemahan, pemikiran, keyakinan, motivasi, dan emosi yang dimiliki.

Mereka lebih jujur tentang apa yang diinginkan, bakat serta keterampilan yang dimiliki, dan hal apa saja yang penting bagi diri sendiri. Sebaliknya, mereka juga memahami kelemahan-kelemahan yang perlu diperbaiki.

Selalu ingin tahu

Rasa ingin tahu dapat diartikan sebagai keinginan untuk mengetahui atau mempelajari sesuatu. Rasa ingin tahu merupakan sifat positif yang sebaiknya dimiliki setiap orang, terutama yang ingin meningkatkan karirnya.

Saat memiliki keinginan untuk tahu lebih banyak, seseorang akan lebih terbuka untuk mengeksplorasi ide, pengalaman, dan kesempatan baru. Terbuka untuk bertemu dengan orang-orang baru, mempelajari hal baru, hingga meninggalkan pola pikir dan keyakinan yang sudah tidak relevan.

Lawan rasa takut

Takut merupakan emosi yang lazim dimiliki setiap orang. Karena rasa takut, seseorang akan mencoba menghindari melakukan sesuatu yang membuat tidak nyaman atau membahayakan.

Akan tetapi, rasa takut yang dibiarkan begitu saja dapat menjadi penghalang yang mencegah kamu untuk mencoba hal-hal baru. Pasalnya, cepat atau lambat, rasa takut dan sikap terlalu berhati-hati dapat menghalangi perkembangan diri menjadi lebih baik.

Padahal, tidak menutup kemungkinan apa yang kamu inginkan selama ini merupakan hal yang paling kamu takuti. Karenanya, cobalah untuk menghilangkan ketakutan yang selama ini menghalangi kamu untuk mencoba hal-hal baru.

Bagikan !