ZONAUTARA.com – Bagi sebagian wanita, pernikahan menjadi impian. Wanita tak segan merencanakan atau menentukan siapa dan seperti apa jodoh mereka nantinya. Bahkan dengan daftar jumlah anak yang harus dimiliki.

Namun, satu hal yang sering dibicarakan adalah soal usia berapa tepatnya seorang wanita berani mengakhiri masa lajangnya.

Tidak ada angka usia yang terpat, beda negara beda rata-rata usia saat menikah. Berikut daftar usia rata-rata tiap wanita di beberapa negara ketika memutuskan menikah, yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber dan mungkin bisa jadi refrensi bagimu.

Spanyol

Negara yang dikenal dengan julukan El Matador dalam dunia sepakbola ini, ternyata rata-rata usia para wanitanya memutuskan menikah adalah 27 tahun.

Mereka juga diizinkan atau tidak dilarang untuk menikah pada saat usia muda, karena dilegalkan oleh hukum.

Italia

Para wanita di Italia rata-rata memilih untuk menikah di usia 33 tahun. Karena menurut mereka berada pada usia ini merupakan waktu yang tepat dan jauh dari tergesa-gesa.

Italia juga dikenal sebagai negara yang masih menghargai tradisi pernikahan dan keluarga.

Jepang

Jepang dikenal dengan negara yang masyarakatnya super sibuk dan gila kerja. Namun, dibalik itu semua khusus bagi para wanitanya mereka memilih untuk menikah di usia rata-rata 29-30 tahun.

Tidak bisa dipungkiri bahwa alasan mereka menikah di usia seperti itu hanya karena ingin mengejar karir dan mapan terlebih dahulu secara finansial.

Finlandia

Negara yang masuk sebagai negara teraman dan paling bahagia di dunia ini, ternyata khusus para wanitanya lebih memilih menikah di usia 31 tahun.

Mereka beranggapan menikah adalah hal yang serius dan penuh komitmen, karena itu di Finlandia kasus perceraian tercatat cukup rendah.

Perancis

Walaupun memiliki sebuah kota bernama Paris dengan julukan kota romantis, ternyata para wanita di sana tidak terjebak dengan julukan itu dan memilih menikah di usia muda.

Rata-rata para wanita Perancis memilih menikah di usia 32 tahun.

Meksiko

Berbanding terbalik dari Perancis, ternyata di Meksiko usia menikah bagi para wanita yaitu 23 tahun.

Walau aturan sebelumnya pernah mengijinkan untuk menikah di usia dini, tetapi saat ini menikah dibatasi minumum usia 20-an.

Rusia

Hampir sama dengan Meksiko, ternyata para wanita di Rusia rata-rata menikah di usia 24 tahun.

Cina

Berbeda dari Jepang, negara di Asia ini ternyata lebih unik lagi. Ada sebagian dari para wanitanya memilih untuk menikah di usia 25 tahun, namun ada juga yang memilih di usia kepala tiga.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id