Dinkes Kotamobagu ingatkan bahaya penularan Covid-19

  • Share

KOTAMOBAGU, ZONAUTARA.com – Dinas Kesehatan Kotamobagu kembali mengingatkan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dinas Kesehatan bersama Satgas Covid-19 Kotamobagu menjelaskan proses penularan Covid-19 bagi masyarakat melalui website Diskominfo Kotamobagu, Minggu (29/11/2020).

Kepala Dinkes Kotamobagu, dokter Tanty Korompot menjelaskan, penularan Covid-19 dapat terjadi melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita.

Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang mengandung kuman penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Droplet dapat melewati sampai jarak tertentu, biasanya 1 meter,” jelasnya.

Baca Pula:  Pembelajaran tatap muka di Bolmut siap digelar

Menurut Tanty, droplet bisa menempel di pakaian atau benda di sekitar penderita pada saat batuk atau bersin. Namun, partikel droplet cukup besar sehingga tidak akan bertahan atau mengendap di udara dalam waktu yang lama.

“Oleh karena itu, orang yang sedang sakit, diwajibkan untuk menggunakan masker demi mencegahnya penyebaran droplet. Untuk penularan melalui makanan, sampai saat ini belum ada bukti ilmiahnya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, angka kasus yang terus meningkat perlu adanya kesadaran dari masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Baca Pula:  Update kasus Covid-19 di Indonesia per Sabtu 14 Agustus: Kematian masih tinggi

“Cara menekan angka kasus hanya dengan protokol kesehatan. Mari kita budayakan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal 1 meter,” tambahnya.

Penulis: Rezandi Ibrahim/portalmongondow.com



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com