bar-merah

KPU Bolmut perketat protokol kesehatan saat simulasi pemungutan dan perhitungan suara

ZONAUTARA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) memperketat protokol kesehatan Covid-19 saat menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan surat suara.

Simulasi yang bekerjasama dengan KPU Sulawesi Utara itu untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2020.

Simulasi di gelar di Lapangan Sogi, Bolangitang Barat yang dimulai pada pukul 07.30 WITA, Rabu (2/12/202).

Dalam simulasi ini, KPU menyiapkan empat bilik. Satu bilik khusus untuk pemilih bersuhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius.

KPU Bolmut mengatakan, sebelum memilih, petugas ketertiban di TPS akan mengecek suhu tubuh pemilih.

“Pemilih dengan suhu di atas 37,3 derajat nanti akan dilayani kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) 6. Mereka yang ditugaskan untuk melayani karena memakai alat pelindung diri (APD) baju hazmat,” kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara, Wiwidayanti Damopolii.

Lanjut dia, pemilih yang memiliki suhu tubuh tinggi dipersilahkan menunggu sejenak beberapa menit, setelah itu dicek kembali suhu tubuhnya.

“Ketika dicek kembali suhunya tetap, baru diarahkan ke bilik khusus. Tidak lagi menunggu antrian di dalam TPS dan dilayani oleh teman teman KPPS yang ada. Setelah melakukan pencoblosan langsung keluar,” jelasnya.

Ia juga menuturkan, baik di dalam TPS dan tenda tunggu pemilih, sudah diatur dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Di dalam TPS hanya bisa 9 orang pemilih mengantri. Sedangkan di tenda tunggu kapasitas 50 pemilih. Jarak antar kursi satu meter,” sebutnya.

KPU Bolmut juga telah mengatur waktu pencoblosan bagi pemilih.

“Per satu jam 50 pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT). Ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan warga atau pemilih di lokasi TPS,” tuturnya.

Saat datang ke TPS, pemilih wajib memakai masker dan membawa pulpen sendiri.

Terpantau, saat simulasi semua petugas KPPS atau petugas PPS menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Seperti menggunakan masker, face shield sebagai pelindung wajah guna dan sarung tangan plastik.

Di lokasi TPS, KPU menyediakan tepat cicu tangan, sabun dan tisu. Petugas ketertiban siaga membawa alat cek suhu tubuh.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Bolmut Djunaidi Harundja mengatakan dengan adanya simulasi ini, pihaknya berharap bisa meminimalisir kesalahan di hari H Pilkada, 9 Desember nanti.

“Sedangkan untuk pencegahan Covid-19, sesuai dengan PKPU kami menyediakan APD dan Alkes, untuk petugas TPS dan warga yang akan mencoblos. Kami berharap di simulasi ini, kesalahan yang terjadi tidak akan terulang di hari H pencoblosan nanti,” tukasnya.

Sementara Wakil bupati Bolmut, H Amin Lasena menyampaikan apresiasi kepada KPU karena telah mensosialisasikan Pilkada lewat simulasi ini.

“Dengan simulasi ini, masyarakat akan lebih tahu bagaimana menggunakan hak pilihnya dan tetap pada koridor protokol kesehatan Covid-19,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara simulasi tersebut, empat komisioner KPU Bolmut, tim dari KPU Propinsi Sulut, serta tamu undangan lainnya. (SMM/*)

| Teras Manado



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com